Uji Vaksin Covid-19 Sinovac Biotech Serentak Dimulai 11 Agustus di 6 Lokasi Berbeda di Kota Bandung

- 6 Agustus 2020, 17:02 WIB
Ilustrasi vaksin Corona. (AFP) /

PIKIRAN RAKYAT - Uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 akan dilakukan pada pertengahan Agustus 2020. Uji klinis vaksin yang diproduksi oleh Sinovac Biotech tersebut akan dilakukan serentak di enam tempat di Kota Bandung, Jawa Barat.

Demikian diungkapkan Ketua Tim Peneliti Fakultas Kedokteran (FK) Unpad, Kusnandi Rusmil, pada Kick Off Meeting di FK Unpad, Jalan Eyckman, Bandung, Kamis 6 Agustus 2020.

Keenam tempat uji klinis tersebut adalah FK Unpad, Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Dago, Puskesmas Cimbeuleuit, Puskesmas Garuda, dan Puskesmas Sukapakir.

Baca Juga: Juventus vs Lyon di Liga Champions: Rudi Garcia Beri Pembelaan Untuk Maurizio Sarri

"Kami siap melaksanakan uji klinis yang akan dimulai serentak pada 11 Agustus nanti," ujarnya.

Kusnandi mengatakan, semua kebutuhan untuk pelaksanaan uji klinis sudah terpenuhi. Menurut dia, secara teknis para relawan yang akan menjadi subjek akan disuntik dua kali dalam rentang waktu 14 hari.

"Pertama, relawan akan disuntik plasebo dan 14 hari kemudian akan disuntikkan vaksin. Tiga hari sebelum disuntik, baik itu plasebo atau vaksin, subjek akan diperiksa terlebih dahulu, diambil darah dan swab," kata Kusnandi.

Baca Juga: Klarifikasi Soal Video Viralnya, Anji Ungkap Alasan Dirinya Sebut Hadi Pranoto 'Profesor'

Ia mengatakan bahwa tes darah dan tes swab merupakan syarat mutlak yang harus dilalui para relawan sebelum menjalani uji klinis. Jika pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif, relawan tidak akan diperkenankan untuk menjadi subjek uji klinis.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X