Mulai Agustus Diprediksi Masuk Musim Kemarau, Bahan Baku Air Perumda Tirta Raharja Bisa Menurun

- 6 Agustus 2020, 07:15 WIB
ILUSTRASI air putih.* /Pixabay

PIKIRAN RAKYAT - Memasuki musim kemarau, penurunan sumber air dari wilayah utara dari Sungai Cimahi sebagai bahan baku air untuk Perumda Tirta Raharja bisa menurun hingga 50 persen. Pelanggan air bersih di wilayah pelayanan utara termasuk Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) diminta untuk bijaksana dalam penggunaan air terutama menghemat dan menampung air.

Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Tirta Raharja Sri Hartati mengatakan, berdasarkan rilis dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau diperkirakan akan terjadi mulai bulan Agustus 2020 di sebagian besar zona musim di Indonesia dan cenderung lebih basah (diatas normal) dari rata-rata tahun sebelumnya.

"Penurunan debit sungai sebagai bahan baku air kerap terjadi. Pelanggan di wilayah utara disarankan untuk mulai melakukan antisipasi dengan menyediakan tempat penampungan air menjelang musim kemarau," ujarnya, Rabu 5 Agustus 2020.

Baca Juga: Jejak Darah Berceceran di Mobil dan Motor, Tak Semua Orang Percaya Soal Penyebab Ledakan di Lebanon

Di wilayah pelayanan utara, Perumda Tirta Raharja melayani 27.352 Sambungan Rumah (SR) meliputi Kota Cimahi dan beberapa kecamatan di KBB, seperti Padalarang, Batujajar, Cililin, Cikalong Wetan, Lembang serta Cisarua.

loading...

Selain wilayah pelayanan utara, Perumda tersebut juga melayani 33.968 SR di wilayah selatan yang meliputi Kutawaringin, Soreang, Banjaran, Pangalengan dan Ciwidey. Ketersediaan air baku untuk wilayah selatan di Kabupaten Bandung tersebut yang bersumber dari Sungai Cisangkuy mulai mengalami penurunan dan fluktuasi kapasitas.

"Untuk itu, dimohon kepada pelanggan di wilayah selatan agar mulai siap sedia menyiapkan penampung air yang cukup, khususnya untuk mengantisipasi ketidaktersediaan air minum di saat pengaliran dari perpipaan," imbuh Sri.

Baca Juga: Dukung Gerakan Wali Kota Salatiga Sehari Tanpa Nasi, Ganjar Pranowo: Saya Kira Ada Baiknya

Sedangkan, untuk pelayanan di wilayah timur Kabupaten Bandung yang meliputi Ciparay, Baleendah, Bojongsoang, Pacet, Dayeuhkolot, Majalaya, Rancaekek, Cicalengka dan Cileunyi yang mencapai 42.220 SR relatif masih stabil. Sumber air baku untuk pelayanan wilayah timur berasal dari hulu Sungai Citarum pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cikoneng.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X