Pemkot Cimahi Pantau Agen LPG 3 Kg: Jangan Menyulitkan Masyarakat

- 25 Januari 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi gas LP3 3 kg.
Ilustrasi gas LP3 3 kg. /Dok. Pertamina

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Perdagangan Koperasi dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi melakukan pantauan ke sejumlah agen LPG di Kota Cimahi, Selasa 24 Januari 2023. Hal itu dilakukan menyikapi rencana pemerintah membatasi penjualan LPG 3 kilogram (kg) hanya di agen resmi Pertamina. Demikian diungkapkan Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan.

"Kaitan dengan rencana pemerintah untuk pembatasan penjualan gas LPG 3 kg hanya di tempat resmi, kami datangi sejumlah agen," ujarnya.

Dua titik agen LPG yang didatangi yaitu di kawasan Jalan Kebon Rumput-Contong dan Kelurahan Melong.

"Dari dua sampel titik agen yang didatangi, kondisinya sejauh ini ketersediaan gas aman. Sepertinya akan sama di wilayah lain sehingga dipastikan stok gas 3 kg aman untuk kebutuhan Cimahi," katanya.

Baca Juga: Pakar Ekonomi: Kebijakan Gas Elpiji 3 Kg Jangan Malah Bikin Gaduh

Tahun ini, Kota Cimahi mendapat jatah LPG 3 kilogram sebanyak 6.530.004 tabung atau perbulannya mendapatkan pasokan sebanyak 544.167 tabung.

"Jumlah yang didapat tahun ini masih sama seperti yang diperoleh tahun lalu," ujarnya.

Sesuai Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 21 2007 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG Tabung 3 Kilogram, gas bersubsidi itu disalurkan Pertamina melalui agen dan pangkalan.

Dalam Permen tersebut, yang diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Nomor:54/Kep.96-Diskopindagtan/III/2015/2015 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) LPG Tabung Ukuran 3 Kilogram, LPG bersubsidi itu hanya boleh dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga dan usaha mikro.

Halaman:

Editor: Akhmad Jauhari


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x