Hari Pertama Tahun Ajaran Baru di Tengah Covid-19, Siswa Harus Siapkan Sarana Belajar Masing-masing

- 13 Juli 2020, 14:45 WIB
SISWA kelas 11 IPA SMAN 1 Soreang mengikuti kegiatan Belajar Jarak Jauh (BJJ) melalui jaringan internet di ruang komputer di kampus SMAN 1 Soreang, Kabupaten Bandung, Senin (13/7/2020). Hari pertama tahun ajaran baru 2020, pemerintah masih menetapkan belajar melalui daring, kendati masih banyak sejumlah kelauhan terkait BJJ. /Pikiran-Rakyat.com/Ade Mamad

PIKIRAN RAKYAT - Hari pertama pembukaan tahun ajaran baru 2020/2021 di Kota Cimahi dilaksanakan secara daring, Senin 13 Juli 2020. Siswa harus menyiapkan sarana prasarana penunjang kegiatan tersebut di kediaman masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi Hendra Gunawan mengatakan, sesuai arahan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa masa pandemi virus corona diberlakukan sekolah dari rumah.

"Anak-anak diminta belajar di rumah dan melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara daring dengan sarana prasarana penunjangnya. Hal ini dilakukan demi mengurangi penularan virus corona yang sangat mungkin terjadi saat dilakukan pembelajaran secara langsung," ujarnya.

Baca Juga: Sempat Singgung Orang Ketiga, Berikut 6 Pengakuan Kekasih Editor Metro TV yang Diduga Tewas Dibunuh

Selama masa belajar di rumah, sekolah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

loading...

"Disesuaikan dengan kegiatan yang sudah dirancang sekolah dan mengikuti agenda pendidikan," imbuhnya.

Pelaksanaan hari pertama berlangsung sesuai jadwal tiap sekolah di tingkat SD-SMP. Untuk siswa didik baru mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dengan materi yang telah disiapkan, sedangkan siswa tingkat atas langsung pengenalan di tiap kelas.

Baca Juga: Granada vs Real Madrid: Gol Tandang El Real Tembus 46, Statistik Kiper Tuan Rumah Mengkhawatirkan

"MPLS berlangsung selama 3 hari, dilanjut KBM daring. MPLS ini sebagai pionir untuk pelaksanaan KBM Daring. Sedangkan untuk PJJ sudah dibuatkan bahan ajar daring oleh guru-guru penyusun bahan ajar," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X