Longsor Terjang Desa Cibodas Lembang, Warga Harus Tempuh Jalur Alternatif Berikut

- 28 November 2022, 09:02 WIB
Material tanah menutupi badan jalan saat terjadi longsor di Jalan ­Cibodas-Bukit Tunggul, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 27 November 2022.  Petugas membutuhkan alat berat untuk ­mengangkut material tanah tersebut.
Material tanah menutupi badan jalan saat terjadi longsor di Jalan ­Cibodas-Bukit Tunggul, Kabupaten Bandung Barat, Minggu 27 November 2022. Petugas membutuhkan alat berat untuk ­mengangkut material tanah tersebut. /Pikiran Rakyat/Dewiyatini

PIKIRAN RAKYAT - Akses ke Desa Cibodas terputus disebabkan longsor di ruas Jalan Cibodas- Bukit Tunggul, Minggu 27 November 2022.

Petugas Polsek Lembang sempat memberlakukan buka tutup untuk sepeda motor. Namun, kemudian diputuskan untuk menutup jalan hingga material longsoran diangkut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kontributor “PR” Dewiyatini di lapangan, longsor terjadi sekitar pukul 10.00. Diduga, longsor terjadi karena guyuran hujan beberapa hari terakhir.

Antrean kendaraan sempat mengular karena mobil diminta putar balik. Sepeda motor dibolehkan melintas melalui sistem buka tutup.

Baca Juga: Akses ke Desa Cibodas Lembang Terputus Akibat Longsor di Jalan Cibodas-Bukit Tunggul

Namun, sekitar pukul 13.00, sepeda motor juga tak boleh melintas karena dikhawatirkan ada material tanah yang kembali jatuh.

Hal itu disebabkan akar pohon belum sepenuhnya terlepas dan menyebabkan tanah longsor sewaktu-waktu.

“Selain mengangkut material longsor, kami harus memastikan tidak ada potensi longsor susulan karena tanah masih ada yang menggantung,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat Duddy Prabowo.

Duddy menyebutkan, dibutuhkan alat berat untuk mengevakuasi material longsor sehingga akses jalan dapat dibuka.

Halaman:

Editor: Akhmad Jauhari


Tags

Artikel Pilihan


Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x