Meski Banyak Tantangan di Era Pandemi, KPU Jabar Siap Sukseskan Pilkada Serentak 2020

- 7 Juli 2020, 20:01 WIB
Ilustrasi Pilkada serentak 2020. /ANTARA FOTO/FAUZAN

PIKIRAN RAKYAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat memastikan kesiapannya dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

Meskipun tantangan untuk menyukseskan pilkada bukan hanya terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat, tetapi juga bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih.

Demikian benang merah yang muncul dalam acara webinar pilkada, yang diselenggarakan KPU Jabar bersama Pikiran Rakyat, Senin, 6 Juli 2020.

Baca Juga: Disperindag Tangsel Rencanakan Revitalisasi Pasar Ciputat, Pengamat Kaitkan dengan Pilkada Serentak

Webinar pilkada itu sekaligus menjadi pembuka bagi rangkaian webinar yang lain untuk tataran kabupaten/kota, mengingat Pilkada Serentak 2020 di Jabar akan dilaksanakan di delapan kabupaten/kota.

loading...

Ketua KPU Jabar Rifqi Ali Mubarok menyatakan, kesuksesan Pilkada Serentak 2020 ialah bagaimana melaksanakan semua tahapan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Tantangan yang lain, lanjut dia, ialah bagaimana meningkatkan partisipasi pemilih. Soalnya, ada kecenderunhan partisipasi dalam pilkada lebih rendah dibandingkan pemilu. 

 Baca Juga: Kabar Duka, Bintang Disney Meninggal Dunia di Usia 24 Tahun

"Selain tahapan pemilihan yang harus sukses dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, peningkatan partisipasi pemilih juga harus ditingkatkan di masa pandemi Covid-19 ini, karena kecenderungannya di delapan daerah ini rata-rata tingkat partisipasinya 70 persen. Yang di atas 70 persen cuma satu, yaitu di Kabupaten Pangandaran," kata Rifqi.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X