Rumah Sakit di Kota Bandung Siap Melayani Warga Cianjur yang Terdampak Gempa

- 23 November 2022, 19:45 WIB
Longsor akibat gempa Cianjur.
Longsor akibat gempa Cianjur. /Pikiran Rakyat/BAMBANG ARIFIANTO

PIKIRAN RAKYAT - Rumah sakit-rumah sakit di Kota Bandung turut menjadi fasilitas pelayanan kesehatan rujukan bagi warga Kabupaten Cianjur terkena dampak gempa.

Jajaran Dinas Kesehatan Kota Bandung mencatat per Selasa, 22 November 2022, tidak kurang 70 warga Kabupaten Cianjur menjalani perawatan pada rumah sakit-rumah sakit di Kota Bandung.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan, kebanyakan warga Kabupaten Cianjur terdampak gempa yang menjalani perawatan di Kota Bandung mengalami patah tulang.

Baca Juga: Pasien Rujukan Korban Gempa Cianjur Bertambah, Rumah Sakit di Sukabumi Antisipasi Overload

"Kebanyakan bone fracture (patah tulang). Salah seorang di antaranya, nenek berusia 85 tahun. Kami mendengar informasi, fasilitas ortopedi yang ada di rumah sakit Kabupaten Cianjur kurang memadai. Terlebih, situasi di sana (rumah sakit-rumah sakit di Kabupaten Cianjur) crowded (penuh sesak), dan mengalami kerusakan di sejumlah bagiannya," tutur Anhar pada Rabu, 23 November 2022.

Anhar mengatakan, hampir semua rumah sakit-rumah sakit terutama milik pemerintah di Kota Bandung memunyai dokter beserta fasilitas ortopedi. Beberapa di antaranya, Rumah Sakit Umum Daerah Bandung Kiwari, RSUD Ujungberung, dan Rumah Sakit Hasan Sadikin.

Rumah-rumah sakit itu, ucap Anhar, siap melayani warga Kabupaten Cianjur terdampak gempa. Sampai saat ini, tak ada laporan yang menyebutkan, bahwa rumah sakit di Kota Bandung kewalahan. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada rumah sakit-rumah sakit yang sigap merawat warga terdampak.

Baca Juga: 5 Berita Hoaks Seputar Gempa Cianjur, Voice Note Pergeseran Lempeng hingga Gunung Gede Keluarkan Percikan Api

"Insya Allah tak akan terjadi tim penumpukan. Ada tim tanggap darurat dari Kementerian Kesehatan yang mengatur rumah sakit tujuan warga terdampak gempa," tutur Anhar.

Halaman:

Editor: Ahlaqul Karima


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

x