Siaga Penyebaran Hepatitis Akut Misterius Dinkes Kota Bandung Menyiagakan 280 Faskes

- 12 Mei 2022, 10:20 WIB
Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala hepatitis akut segera periksakan diri.
Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala hepatitis akut segera periksakan diri. /Pixabay/Mochamed_Hassan

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Kesehatan Kota Bandung menyiagakan 280 fasilitas kesehatan (Faskes) untuk menghadapi potensi penyebaran penyakit hepatitis akut misterius yang tengah marak.

280 faskes yang disiapkan terdiri dari 200 klinik dan 80 Puskesmas yang tersebar di 30 Kecamatan serta Rumah sakit umum daerah dan juga rujukan yang ada di Kota Bandung.

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan kewaspadaan terus ditingkatkan di tengah maraknya penyebaran penyakit hepatitis akut misterius sejalan dengan surat edaran dari Kementeri Kesehatan dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) guna mengantisipasi penyakit yang belum diketahui penyebab pastinya.

Baca Juga: Sudah Resmi, Suzuki Ecstar Siap Umumkan Cabut dari MotoGP Hari Ini

Sebagai tindakan pencegahan, selain menyiapkan faskes Dinkes Kota Bandung juga terus mengedukasi masyarakat hingga kelingkungan terkecil mengenai apa saja gejala umum terjadi pada anak jika terinfeksi tersebut.

Gejala hepatitis akut misterius yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya yaitu mual, muntah, sakit perut hebat, diare, buang air kecil berwarna mirip teh hingga buang air besar berwarna pucat.

Jika menemukan kasus yang memilik gejala-gejala seperti diatas, segera membawanya ke faskes terdekat.

Baca Juga: LSM HAM Israel Bongkar Kronologi Ditembaknya Jurnalis Senior Al Jazeera, Malah Bela Palestina

Kepala Dinkes Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala hepatitis akut yang belakangan ini mulai masuk ke Indonesia agar segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat.

Halaman:

Editor: Asytari Fauziah


Tags

Artikel Pilihan

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network