Janji Ridwan Kamil Bantu Seniman dan Budayawan Jawa Barat Terdampak Covid-19 Ditagih

- 6 Juni 2020, 17:33 WIB
SENIMAN Bandung Dody Satya Ekagustdiman menampilkan kesenian tradisional Jentreng Tarawangsa pada Sawala Budaya Ngaguar Tutungkusan Janji Paminpin, Sabtu, 6 Juni 2020, di Sanggar Seni Reak Tibelat, Kampung Jati, Kel. Pasirbiru Kec. Cibiru Kota Bandung.* /RETNO HERIYANTO/PR

PIKIRAN RAKYAT - Sejumlah pelaku seni budaya Jawa Barat mulai angkat bicara terkait janji pemerintah Jawa Barat akan memberikan bantuan bagi pelaku seni budaya.

Pelaku seni budaya berharap Gubernur Jawa Barat dan instansi terkait tidak ingkar janji untuk memberikan bantuan pada pelaku seni budaya terdampak pandemi corona virus desease 19 (Covid-19).

“Menjadi beban juga bagi saya yang ikut dalam Vicon (video conference) yang diselenggarakan Gubernur Jawa Barat beserta jajaran instansi terkait pada 22 Mei lalu bersama para seniman, budayawan dan akademisi. Karena saya banyak ditanya para seniman, khususnya seniman tradisi yang menanyakan janji pemerintah akan memberi bantuan untuk pelaku seni budaya dengan besaran Rp 1 juta untuk satu orang dengan jumlah 10 ribu pelaku seni budaya,” ujar Bah Enjoem, pada Sawala Budaya Ngaguar Tutungkusan Janji Paminpin, Sabtu, 6 Juni 2020, di Sanggar Seni Reak Tibelat, Kampung Jati, Kel. Pasirbiru Kec. Cibiru Kota Bandung.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Helikopter di Kendal, Begitu Jatuh Langsung Terbakar

Di hadapan sejumlah pelaku seni tradisi dari Kota Bandung dan sebagian dari Jatinangor Kab. Sumedang serta Kota Cimahi, pemilik nama Enjang Dimyati ini, mengungkapkan bahwa pihaknya tidak tahu menahu kapan janji pemerintah akan terealisasi.

“Hanya saja saat itu diminta untuk segera didaftar dan diinventarisir jumlah seniman dan budayawan oleh dinas dan instansi terkait di provinsi maupun kabupaten dan kota, namun nyatanya hingga saat ini belum kunjung ada kabar kelanjutan,” ujar Bah Enjoem.

Sementara seniman Dody Satya Ekagustdiman, mengungkapkan bahwa janji pemerintah daerah, khususnya Jawa Barat kepada para pelaku seni budaya selama ini selalu meleset.

Baca Juga: Diprediksi Kemarau Panjang Segera Datang, Syahrul Yasin Limpo Dorong Petani Lakukan Ini

“Kalaupun terealisasi tidak sesuai dengan janji, bahkan dalam 10 tahun terakhir, jangankan pelaku seni budaya, kondisi seni budaya tradisi saja semakin meredup tidak terperhatikan karena tersisih industri pariwisata yang katanya menjanjikan,” ujar Dody, yang dikalangan pelaku seni dikenal dengan sapaan Ayah Dody.

Sawala atau diskusi yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang sore, tidak hanya melulu membahas tentang janji bantuan Pemprov Jabar bagi pelaku seni budaya, tetapi juga tentang berbagai upaya pelaku seni budaya dalam menyikapi situasi masih merebaknya wabah penyakit virus corona.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X