BNPB Sediakan 10.000 Alat Tes Covid-19 untuk 13 Daerah yang Dekati Zona Merah di Jabar

- 5 Juni 2020, 19:51 WIB
Pelaksanaan swab test untuk warga Karangmekar di pelataran Gereja HKBP Jalan Lurah Kota Cimahi, Jumat 5 Juni 2020.* /Pikiran-Rakyat.com/Harry Sujana

PIKIRAN RAKYAT – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyediakan 10.000 alat tes corona virus disease (covid-19) untuk Provinsi Jawa Barat.

Pengetesan bakal dilakukan di 13 kab/kota dengan level kewaspadaan covid-19 mendekati status zona merah sebagai upaya penelusuran kasus covid-19.

Agus Sudarya selaku Tim Mobile BNPB mengatakan, pihaknya turut andil dalam upaya percepatan penanganan covid-19.

Baca Juga: PPDB 2020 Jawa Barat, 500.000 Lulusan SMP MTS Sederajat Telah Mengunggah Nilai Rapor

"Kami koordinasi dengan Pemprov. Jabar, disediakan alokasi alat tes untuk 10.000 orang. Digunakan untuk 13 kab/kota di Jabar yang statusnya mendekati zona merah termasuk Kota Cimahi," ujarnya, ditemui di sela-sela swab test sebagai upaya tracking atas temuan kasus positif corona virus disease (covid-19) di RT 1 RW 17 Kelurahan Karangmekar Kec Cimahi Tengah Kota Cimahi.

Pihaknya menyediakan alat tes sebanyak 2.000 unit untuk Kota Cimahi. Sebagian digunakan untuk pengetesan warga di Kel. Karangmekar.

loading...

"Kami mohon kerjasama Pemprov. Jabar dan kab/kota untuk pemilahan warga yang melakukan tes PCR dan Rapid Test. Di Cimahi alokasi alat test disiapkan untuk 6 kelurahan yang berstatus zona merah. Bila dalam penanganan di Jabar masih butuh maka akan ada penambahan," ucapnya.

Baca Juga: Masjid Al-Ukhuwah Bandung Kembali Laksanakan Shalat Jumat, Jamaah Tertib Patuhi Protokol Kesehatan

Mendukung percepatan pengetesan covid-19, pihaknya menempatkan alat PCR automatic ditempatkan di Universitas Padjadjaran (Unpad) Jatinangor.

"Sehingga dalam waktu kurang dari 40 menit bisa dapat hasilnya. Ini tentu lebih cepat dibanding alat manual sehingga masyarakat tidak perlu menunggu lama hasilnya," katanya.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X