Kota Cimahi Kembali Temukan Kasus Positif Covid-19, 100 Orang Langsung Dikarantina

- 5 Juni 2020, 15:10 WIB
Pelaksanaan swab test untuk warga Karangmekar di pelataran Gereja HKBP Jalan Lurah Kota Cimahi, Jumat 5 Juni 2020.* /Pikiran-Rakyat.com/Harry Sujana

PIKIRAN RAKYAT - Temuan kasus positif Coronavirus disease (Covid-19) membuat sejumlah warga di RT 1 RW 17 Kelurahan Karangmekar Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi harus menjalani karantina mikro di lingkungan tempat tinggal selama 14 hari.

Temuan kasus ditindaklanjuti dengan pencarian kontak erat warga dan pengetesan Covid-19 untuk memastikan sebaran kasus covid-19.

Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna mengungkapkan karantina mikro atau Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) diterapkan untuk mencegah perluasan penyebaran dan melakukan pemetaan terhadap sebaran Covid-19 di lingkungan tersebut.

Baca Juga: Striker Persib Wander Luiz Yakin Liga 1 Bisa Bergulir Lagi

Karantina mikro diterapkan lantaran ada satu orang warga yang berprofesi sebagai penjual lontong dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Cek Youtube Pikiran Rakyat

"Kita dapat informasi ada seorang warga Kelurahan Karangmekar positif Corona. Akhirnya kita lakukan PSBM untuk satu RT di lingkungan pasien positif itu, sekitar 100 orang yang dikarantina, tapi nanti dipastikan lagi sesuai hasil swab test. Yang swab test hari ini ada sekitar 150 orang," ujarnya, ditemui disela-sela pemantauan pelaksanaan swab test untuk warga Karangmekar di pelataran Gereja HKBP Jalan Lurah Kota Cimahi, Jumat 5 Juni 2020.

Pelaksanaan swab test tersebut sebagai upaya tracing terhadap riwayat kontak erat yang dilakukan pasien positif tersebut terhadap warga sekitar. Sebelumnya dilakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kegiatan tersebut dan penerapan PSBM ke depan.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X