Asah Kreasi Generasi Muda, DPRD Jabar Gelar Festival Pancasila

- 5 Juni 2020, 10:07 WIB
CUPLIKAN video Last Mile.* /DOK. YOUTUBE

PIKIRAN RAKYAT - Untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda milenial dalam situasi wabah Covid-19, Komisi I DPRD Jawa Barat yang membidangi pemerintahan melaksanakan "Parlemen Mengabdi". Bentuknya  berupa Festival Pancasila tema “Ajang Kreasi Pelajar dan Mahasiswa“.

Hal tersebut dikatakan  Ketua Komisi I DPRD Jabar, Bedi Budiman, selaku penanggung jawab kegiatan, Jumat 5 Juni 2020.

"Untuk memperingati  lahirnya Pancasila  pada  1 Juni 2020,   kami sejak 18 Mei  s/d 25 Juni 2020 mengadakan berbagai lomba  bertujuan untuk  menanamkan nilai Pancasila di generasi muda milenial dalam situasi wabah Covid-19," ujarnya. 

Baca Juga: Studi Baru Sebut Diduga Obat Darah Tinggi Bisa Bantu Tekan Risiko Kematian Pasien Covid-19

Ketua Panitia Lomba,  Aep Saepuloh mengatakan, peserta untuk pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan SLTA) serta mahasiswa. "Dengan ketentuan konten lomba mengandung “Implementasi Nilai-nilai Pancasila di Tengah Covid-19 dan tidak mengandung unsur SARA serta menyinggung pihak lain," kata Aep yang juga wakil dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN SGD.

Karya  merupakan hasil orisinil dan belum pernah dilombakan dan nantinya menjadi milik panitia. Festival ini juga menggelar lomba ‘meme’ dengan peserta boleh mengirimkan karyanya lebih dari satu. Meme yang dibuat diupload di Instagram (IG) masing-masing. “Aspek penilaian, konten, kreativitas, desain, dan jumlah view/like," ujarnya.

Baca Juga: New Normal, Pelaku Wisata di Pangandaran Siap Memanjakan Wisatawan

Lomba video
Untuk lomba video berupa  dokumentasi, film, pendek atau vlog. Video berdurasi minimal 3 menit, setiap peserta boleh mengirimkan hasil karya lebih dari satu; video diupload di akun youtube masing masing  dan linknya di kirim ke panitia. “Aspek penilaian, konten, kreativitas, dan jumlah view/like di akun youtube nya," ucapnya.

Dia menambahkan, lomba lain adalah *Speech Contest" dengan setiap peserta boleh mengirimkan rekaman/video lebih dari satu. Durasi waktu rekaman/video maksimal 5 menit, video diupload di akun youtube masing- masing,  dan linknya dikirim ke panitia. “Aspek penilaian, konten, kreativitas, dan jumlah view/like diakun youtube-nya," ujarnya.

Baca Juga: Masjid Al-Ukhuwah Bandung Kembali Menyelenggarakan Salat Jumat

Sementara untuk teknik pengumpulan karya, dengan mengunggah karya ke media sosial milik peserta dan link karyanya dikirim ke panitia melalui HP/WA: 0813 9446 8988. "Pengiriman karya dan link mulai 18 Mei s/d 25 Juni 2020. Sedangkan pengumuman hasil karya lomba 25 Juni 2020. Panitia menyediakan total hadiah senilai Rp 54 juta," ujarnya. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X