Masjid Al-Ukhuwah Bandung Kembali Menyelenggarakan Salat Jumat

- 5 Juni 2020, 08:11 WIB
ILUSTRASI pelaksanaan salat jumat yang menerapkan jaga jarak antar umat saat melakukan ibadah.* /Dok

PIKIRAN RAKYAT - Masjid Al-Ukhuwah bakal mulai kembali menyelenggarakan salat Jumat pada 5 Juni 2020. Pengurus Masjid Al-Ukhuwah telah melakukan berbagai persiapan, termasuk standar protokol kesehatan sebagaimana yang tertera dalam Perwal Kota Bandung Nomor 32 Tahun 2020.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan Setda Kota Bandung sekaligus Sekretaris DKM Al-Ukhuwah, Bambang Sukardi mengimbau kepada para jemaah agar membawa perlengkapan salat masing-masing. Untuk saat ini, sekitar 1.000 jemaah yang dapat melaksanakan salat Jumat di Masjid Al-Ukhuwah.

Baca Juga: Todong Leher Kasir dengan Senjata Api dan Gondol Belasan Juta, Perampok Minimarket di Jakarta Diburu

"Kapasitas masjid, sekitar 3.000 jemaah. Untuk saat ini, baru 30% dari kapasitas yang bisa beribadah di tempat ibadah sebagaimana anjuran dalam Perwal Kota Bandung Nomor 32Tahun 2020. Bagi yang hendak salat Jumat di Masjid Al-Ukhuwah, mesti mengenakan masker," tutur Bambang, Kamis 4 Juni 2020.

Pengurus Masjid, ucap Bambang, berkoordinasi dengan Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kota Bandung. Hal itu merupakan upaya untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan penyelenggaraan Salat Jumat.

Baca Juga: Irigasi Cikaranggeusan Ambrol, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terancam Kekeringan

Bambang memohon pengertian masyarakat. Seumpama jumlah jemaah telah mencapai 30% dari kapasitas, yang tiba belakangan dapat mencari masjid lain atau melaksanakan salat Jumat di rumah.

"Demi keselamatan bersama, juga upaya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Mari bersama-sama mengikuti ketentuan. Saat ini bisa 30% dari kapasitas. Untuk waktu mendatang, bisa saja lebih dari 30%. Bertahap," ucap Bambang. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X