RSUD Cikalongwetan Kini Miliki Ruang Isolasi untuk Pasien Covid-19

- 3 Juni 2020, 07:28 WIB
ILUSTRASI petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) dalam menangani pasien virus corona di ruang isolasi.* /REUTERS

PIKIRAN RAKYAT - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat kini memiliki ruang isolasi untuk pasien Covid-19. Fasilitas di ruang tersebut diklaim sudah sesuai dengan standar kesehatan untuk penanganan pasien tersebut.

Direktur RSUD Cikalong Wetan, Ridwan Abdullah Putra mengungkapkan, fasilitas kesehatan untuk Covid-19 tersebut hampir sama dengan fasilitas di RS AL-Ihsan dan RSUP Hasan Sadikin Bandung. "Ruangan isolasi merupakan bangunan yang sudah lama ada dan sudah direnovasi. Kemudian kita membuat IGD khusus untuk pasien Covid-19 dan bilik disinfektan serta ruangan perawatan," ujarnya, Selasa 2 Juni 2020.

Dia menyebutkan, di ruang isolasi tersebut ada 43 bed dengan 3 kategori, yakni zona hijau 16 bed, kuning 15 bed, dan merah 6 bed. Sementara itu, terdapat juga 3 bed di IGD, persalinan 2 bed serta ruang tindakan 1 bed.

Baca Juga: Hindari Antrean Menumpuk, Dispensasi Masa Berlaku SIM di Jakarta Diperpanjang hingga 29 Juni

Ridwan menjelaskan, RSUD Cikalong Wetan juga menyediakan ruang screening di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) untuk melakukan penyaringan pasien ODP dan PDP yang memiliki gejala klinis Covid-19. Selain itu, juga yang pernah kontak erat dengan pasien yang terpapar virus atau yang berasal dari wilayah zona merah kasus tersebut.

"Untuk alat kesehatan sudah kami siapkan di IGD. Jadi, setiap pasien yang terkonfirmasi ke sini akan langsung menjalani rapid test di ruangan tersebut," katanya.

Baca Juga: Air Terjun Cipatala, Alternatif Wisata Alam di Tengah Pandemi Covid-19

Ridwan juga mengatakan, hingga saat ini RSUD Cikalongwetan baru memiliki tiga alat ventilator yang berada di ruangan isolasi zona merah. Meski demikian, pihaknya akan mengupayakan penambahan ventilator dari pihak lain.

loading...

Begitu juga untuk medis dan paramedis, pihaknya telah menyiapkan 50 orang dengan tenaga pendukung 58 orang serta dokter spesialis penyakit dalam 2 orang. "Kami juga siapkan dokter obgyn (spesialis kebidanan dan kandungan) 2 orang, dokter anak 2 orang, dan dokter spesialis lainnya 11 orang," katanya.

Baca Juga: Gunakan Sepeda Motor, Kapolres dan Wali Kota Sukabumi Berkeliling Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Selain di RSUD Cikalongwetan, ruang isolasi lainnya yang disediakan pemerintah daerah, yaitu di RSUD Cililin dan Masjid As-Shiddiq di Kompleks Pemkab. Di Masjid As-Shiddiq, ada 27 tempat tidur untuk pasien Covid-19 dan dilengkapi berbagai fasilitas lainnya yang cukup representatif. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X