Tanggungjawab Bersama, Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

- 29 Mei 2020, 15:56 WIB
PENYEMPROTAN disinfektan untuk pencegahan penyebaran virus corona di perumahan Bentang Artha Residence di Desa Buahbatu, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Kamis 26 Maret 2020.* /HANDRI HANDRIANSYAH/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Mewabahnya Covid-19 masih menjadi ancaman bersama saat ini, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Diharapkan dengan langkah nyata memutus penyebaran wabah ini, dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat.

Dalam lingkungan terbatas, seperti komplek perumahan, saat ini beberapa pengembang perumahan terus melakukan penyemprotan disinfektan di area komplek. Bahkan, penyemprotan dilakukan pada seluruh fasad, taman serta carport rumah tinggal, area jalan, taman-taman, fasilitas umum dan gerbang masuk perumahan.

CEO GSP Property Ariansyah Eka Saputra yang menjadi pengembang komplek perumahan Bentang Artha Residence di Desa Buahbatu, Kec. Bojongsoang, Kab. Bandung mengatakan, penyemprotan disinfektan ini rutin dilakukan. Selain penyemprotan disinfektan, pihaknya juga mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh kepada semua penghuni dan pengunjung perumahan pada saat memasuki komplek.

Baca Juga: PSBB Dilanjut, Disdik Kota Cimahi : Siswa Masih Belajar di Rumah

“Kami juga mewajibkan semua penghuni dan pengunjung perumahan wajib cek suhu tubuh menggunakan termometer gun di gerbang masuk yang dilakukan oleh petugas Satpam. Di seluruh area publik perumahan, saat ini sudah ditempatkan hand sanitizer dan sabun cuci tangan siap pakai,” ujar Eka, Jumat 29 Mei 2020.

Masih dikatakan dia, saat ini pihaknya sangat concern melakukan tindakan-tindakan pencegahan paparan Covid-19 di lingkungan perumahan. Kegiatan penyemprotan disinfektan pun akan dilaksanakan secara berkelanjutan demi memberi keamanan dan kenyamanan bertempat tinggal untuk seluruh penghuni. 

Baca Juga: Kronologi Pasar Sumber Cirebon Ditutup Pemerintah, 2 Pedagang Positif COVID-19, Nasib Pengunjung?

“Hari ini ancaman paparan Covid-19 sudah sangat nyata, penyemprotan disinfektan ini adalah salah satu upaya kami mencegah paparan Covid-19 di lingkungan perumahan, kegiatan ini akan kami lakukan secara berkelanjutan, semoga bisa membuat seluruh penghuni mendapatkan kenyamanan bertempat tinggal di sini,” ungkap dia.

loading...

Selain itu, lanjut dia, dalam upaya edukasi warga, saat ini forum warga sudah membentuk tim cepat tanggap yang bertugas memberikan edukasi terkait Covid-19 kepada para warga lainnya. “Termasuk juga dalam kondisi terburuk bertugas memberikan penanganan awal apabila ada warga yang diduga terinfeksi virus,” kata dia.

Baca Juga: Indonesia Dorong Akses Vaksin untuk Semua Negara Terdampak Pandemi Covid-19

Pihaknya pun berharap dengan berbagai upaya memutus mata rantai penyebaran wabah ini, masing-masing warga pun dapat memberikan edukasi serupa di lingkungan sekitarnya, baik di lingkungan perkantoran maupun di lingkungan publik lainnya. Sehingga, diharapkan penyebaran wabah ini pun dapat segera berakhir dan tidak ada lagi masyarakat yang terpapar wabah ini. *** 

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X