Jalani Swab Test Besok, 130 Orang yang Kontak Aktif dengan Pedagang Pasar Antri Positif Covid-19

- 26 Mei 2020, 15:42 WIB
PENUTUPAN sementara Pasar Antri Cimahi.* /RIRIN Nf/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kota Cimahi menjadwalkan swab test bagi pedagang dan warga yang memiliki kontak aktif dengan pedagang Pasar Antri yang terpapar corona virus disease (Covid-19) pada Rabu 27 Mei 2020. Pedagang Pasar Antri lain beserta pengelola hingga tukang parkir akan menjalani rapid test sesuai penjadwalan berikutnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi drg. Pratiwi mengatakan, sedikitnya terdapat 50 orang pedagang yang kontak aktif dengan pedagang positif Covid-19 yang berjualan kerudung. Dan, 50 orang pedagang yang kontak aktif dengan pedagang positif Covid-19 yang berjualan kelontongan.

"Kontak eratnya 50 orang pedagang di dua titik kios, ditambah tetangga di wilayah Setiamanah 30 orang. Dites swab besok, Rabu 27 Mei 2020," ujarnya disela-sela penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan Pasar Antri dan sekitarnya di Jalan Sriwijaya Kota Cimahi, Selasa 26 Selasa 2020.

Baca Juga: Indikator Penularan Covid-19 Bekasi di Bawah 1, Jokowi: Sudah Bagus, Pertahankan

Temuan kasus positif Covid-19 di Pasar Antri, yaitu pedagang perempuan berusia 60 tahun berjualan kerudung dan aksesoris di Blok B lantai atas, warga Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah. Satu orang lagi, laki-laki pedagang kelontongan di Blok C lantai dasar, warga Desa Tani Mulya Kecamatan Ngamprah  Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Pratiwi mengatakan, pengaturan teknis pelaksanaan tes swab ditetapkan lewat rapat bersama pengelola Pasar Antri. "Kita rapatkan bersama dengan pengelola pasar," ucapnya.

Baca Juga: Cegah Pemudik Balik ke Kota Asal, Polisi Siapkan 300 Titik Penyekatan

Tes swab dilakukan terhadap kontak erat dua pedagang, karena mereka masih melakukan aktifitas berjualan selama sepekan terakhir. Termasuk, berinteraksi dengan keluarga dan tetangga di tempat tinggal pedagang perempuan yang berdomisili di Kota Cimahi.

Hal serupa diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi Harjono. "Hasil rapat dengan pengelola Pasar Antri, sudah ditetapkan pengaturan tes untuk deteksi penularan Covid-19," ujarnya.

Baca Juga: Pelepasan Balon Udara secara Liar Membahayakan Penerbangan, Hati-hati Bisa Dituntut Pidana

Pelaksanaan swab test dilaksanakan pukul 9.00 WIB pada Rabu 27 Mei 2020 di Pendopo Kota Cimahi Jalan Dra. Djulaeha Karmita. Tes dilakukan untuk 50 orang pedagang di sekitar Blok C lantai dasar, 50 orang pedagang di sekitar Blok B lantai atas Pasar Antri, serta ditambah 30 orang keluarga dan tetangga pedagang yang berdomisili di Kel. Setiamanah.

"Kegiatan digelar atas anggaran dari Pemkot Cimahi. Untuk 100 pedagang ini mudah-mudahan lebaran tidak bepergian dan mau ikut tes," katanya.

Baca Juga: Heboh Pasien Positif COVID-19 Klaster Pasar Antri Kabur dari RSUD Cibabat, Berikut Klarifikasinya

Sekitar 650 pedagang termasuk karyawan penjaga toko, pengelola pasar dan tukang parkir harus melaksanakan rapid test. Rencana tes digelar mulai hari Rabu 27 Mei 2020 bertempat di parkiran Pasar Antri.

"Harus secara mandiri dalam menyediakan alat RDT-nya, tenaga pemeriksa disiapkan oleh Gugus Tugas Kota Cimahi melalui Dinkes Kota Cimahi," ungkapnya.

Baca Juga: Intensitas Hujan Tinggi, Pergerakan Tanah Ancam 3 Rumah Warga Desa Sarimekar Sumedang

Pasar Antri akan kembali dibuka setelah hasil tes keluar dan pedangang dinyatakan negatif. "Selama proses swab test dan rapid test dilakukan dan belum keluar hasil, maka Pasar Antri tidak beroperasi. Akan ada personil Satpol PP dan perwakilan paguyuban pedagang yang memastikan tidak ada pedagang yang buka," jelasnya.

Bagi pedagang yang RDT-nya reaktif akan dilanjutkan dengan swab test. "Harus dilanjutkan dengan swab test,  wajib isolasi mandiri dan tidak berdagang sampai hasil swab keluar. Bagi pedagang yang tes swab-nya negatif bisa berdagang kembali, sedangkan mereka yang terkonfirmasi positif akan diisolasi dan dirawat di RS," tandasnya. ***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X