PIP dan Baznas Salurkan Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro yang Terimbas Covid-19

- 22 Mei 2020, 15:42 WIB
KEPALA Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Kusmana Hartadji (kedua kanan), berbincang dengan Ketua Baznas Jabar Arif Ramdani (kanan), dan Dirut Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah pada acara penyerahan secara simbolis bantuan Paket Logistik Keluarga untuk pelaku usaha mikro terdampak Covid-19, di Kantor Baznas Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (22/5/2020). Bantuan diserahkan pada pelaku usaha mikro terdampak Covid-19 di beberapa provinsi di Indonesia. * /ADE BAYU INDRA/"PR"

PIKIRAN RAKYAT - Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Ririn Kadariyah mengatakan, pandemi Covid-19 berimbas secara langsung terhadap kelangsungan usaha mikro yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Tidak sedikit  pelaku usaha mikro yang membutuhkan bantuan secara langsung dari pemerintah dan kelompok masyarakat yang lebih beruntung.

Oleh karena itu, bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pihaknya menggalang dana dari masyarakat untuk membantu usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19. Hasil penggalangan dana tersebut kemudian disumbangkan kepada pelaku usaha mikro.

“Sampai 20 Mei 2020 telah terkumpul donasi sebesar Rp 332.737.801,- yang akan diberikan kepada pelaku usaha mikro yang terdampak, terutama yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Penggalangan dana tersebut akan berakhir pada akhir Mei 2020,” ujarnya saat penyerahan bantuan paket logistik keluarga di Bandung, Jumat 22 Mei 2020. Penyerahan bantuan tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Baca Juga: Jelang Idulfitri, Ribuan Miras Dimusnahkan oleh Polres Bogor

Dalam kegiatan penyerahan simbolis bantuan yang dilaksanakan di Gedung Zakat Center - Baznas Jawa Barat, hadir pula Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Sahat M. T. Panggabean serta perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ketua Baznas Jawa Barat Arif Ramdani menuturkan, penggalangan dana PIP dan Baznas dilakukan melalui dua skema. Pertama, donasi dalam bentuk infaq dan sodaqoh. Kedua, donasi dalam bentuk zakat.

Baca Juga: Masyarakat Tionghoa Peduli dan Yayasan PR Bagikan Vitamin, Boots, dan Gloves ke Petugas Kebersihan

Kedua skema penggalangan dana tersebut akan dikonversi dalam bentuk paket logistik keluarga yang berisikan bahan pangan yang dibutuhkan pelaku usaha mikro yang terdampak Covid-19 untuk menyambung kehidupan sehari-hari.

“Sesuai dengan komitmen kerjasama, PIP dan Baznas akan menyalurkan bantuan bahan pangan tersebut kepada pelaku usaha mikro yang diwakili anggota koperasi linkage penyaluran pembiayaan Ultra Mikro (UMi) terdampak pandemi yang tersebar di beberapa provinsi di Indonesia,” katanya.

Baca Juga: Lanjutkan Berempati, Garudafood Bagikan 10.000 Paket Sembako kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X