Satu Perusahaan di KBB Resmi Ajukan Penangguhan Pembayaran THR

- 18 Mei 2020, 19:45 WIB
Ilustrasi THR.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Perusahaan garmen PT Kwang Duk yang bergerak di bidang garmen mengajukan penangguhan tunjangan hari raya pada tahun ini. Penangguhan pembayaran THR bagi karyawan tersebut dilakukan lantaran alasan kondisi ekonomi perusahaan tersebut. 

Pengajuan itu sekaligus menjadikan perusahaan tersebut satu-satunya perusahaan di KBB yang secara resmi mengajukan penundaan pembayaran THR. Kondisi perekonomian yang menurun akibat dampak pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada roda ekonomi sebuah perusahaan

Meski demikian, banyak pula perusahaan di KBB yang sudah membayarkan THR kepada karyawannya seperti PT. Royal, PT. Ultrajaya, PT. Indofood,  PT. Rohto, PT. Medion, dan lain-lain. Di Kabupaten Bandung Barat total terdapat 971 perusahaan besar, menengah, dan kecil.

Baca Juga: Epidemiolog Unpad Ingatkan Bahaya Penyebaran COVID-19 di Pusat Perniagaan

"Sampai sekitar sepekan menjelang Idul Fitri baru PT. Kwang Duk yang sudah mengajukan penangguhan THR," ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi KBB, Iing Solihin Senin 18 Mei 2020.

Iing mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat edaran per tanggal 8 Mei 2020 Nomor 400/937/Disnakertrans tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2020 di Perusahaan Dalam Masa Pandemi Covid-19. surat edaran mengingatkan kepada perusahaan agar membayar THR keagamaan kepada pekerja/buruh sesuai ketentuan perundang-undangan.

Namun, dalam surat edaran itu juga diatur jika perusahaan tidak mampu membayar THR Keagamaan pada waktu yang ditentukan disarankan melakukan dialog dengan karyawan untuk mencari jalan keluar terbaik.

Baca Juga: Cek Fakta: Beredar Video Menara 5G Italia Dibakar karena Dituduh Sebabkan Virus Corona

"Kami menyarankan proses dialog dengan mengedepankan aspek kekeluargaan. Dilandasi dengan laporan keuangan internal perusahaan, transparan, dan ada itikad baik untuk mencapai kesepakatan," katanya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X