Krisis Pakan Macan Tutul, Kebun Binatang Bandung Akan Sembelih Rusa

- 3 Mei 2020, 13:46 WIB
PETUGAS memberi makan burung di Bandung Zoological Garden, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jumat (24/4/2020). Dampak ditutupnya tempat wisata akibat pandemi covid-19, menyebabkan sejumlah anggota PKBSI (Perhimpunan Kebun Binatang Se Indonesia) di lingkup Kebun Binatang (KB) memerlukan kebutuhan mendesak bagi kelangsungan hidup KB, khususnya kesehatan dan kesejahteran satwa koleksinya berupa penguatan ketahanan pakan. /ADE BAYU INDRA/"PR"

PIKIRAN RAKYAT – Terdampak kebijakan pembatasan sosial akibat penyebaran virus corona, Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) telah tutup selama hampir 2 bulan.

Tidak adanya pendapatan, membuat Bazoga hanya mampu bertahan 4 bulan untuk memberi pakan satwa.

Di tengah krisis pakan satwa itulah, Kebun Binatang Bandung di Jalan Tamansari Kota Bandung, berencana akan menyembelih koleksi rusa.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Fosil Binatang Buas Zaman Purba yang Langgar Aturan Evolusi di Madagaskar

Hal ini karena macan tutul koleksi Bazoga terancam kelaparan, jika dalam beberapa waktu ke depan pembatasan sosial karena COVID-19 masih diberlakukan.

"Kami terpaksa akan memotong rusa untuk pakan macan tutul jika dalam beberapa bulan ke depan virus corona masih berlangsung," kata Humas Bazoga Sulhan Syafi'i dari keterangannya, seperti dilansir Antara, 3 Mei 2020.

Ia mengatakan hal itu dilakukan karena anggaran untuk pakan hewan di Bazoga kian menipis seabagai dampak dari tidak adanya pengunjung.

Baca Juga: Via Daring, 259 Mahasiswa UNS Surakarta Jalani Wisuda di Tengah Pandemi COVID-19

Jika melebihi batas waktu tersebut, kemungkinan sejumlah satwa herbivor akan dijadikan pakan untuk satwa karnivor.

"Tanpa ada pengunjung, akan bertahan selama empat bulan ke depan. Skenario terburuk ya kami akan memotong rusa untuk pakan macan tutul," kata dia.

Sejauh ini, dia memastikan Bazoga telah mengikuti arahan pemerintah untuk tidak beroperasi karena pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Maka dari itu pemasukan yang didapat oleh pengelola Bazoga menjadi minim.

Baca Juga: KJRI Johor Bahru Gencarkan Penyaluran Bantuan Sembako bagi WNI Terdampak MCO

Meskipun demikian, ia memastikan hingga kini belum ada satwa yang mati akibat kekurangan pakan. Ia berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk membantu satwa yang ada di Bazoga.

"Sekenario terburuk itu tadi bisa terjadi apabila tidak ada campur tangan atau bantuan dari pemerintah terhadap Kebun Binatang Bandung," kata dia.***

Editor: Gita Pratiwi

Sumber: Antara


Tags

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X