Saepuloh : Pembelajaran Daring Tak Bisa Membentuk Spiritual dan Karakter Siswa

- 3 Mei 2020, 12:07 WIB
ILUSTRASI belajar jarak jauh.*
ILUSTRASI belajar jarak jauh.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Di Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada Sabtu 2 Mei 2020 kemarin, Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Jabar mengingatkan peran penting guru dalam pembelajaran.

Hal itu disebabkan pembelajaran dalam jaringan (daring/online) yang kini berlangsung tak bisa membentuk spiritual apalagi karakter siswa.

"Pendidikan itu bukan hanya cerdas secara intelektual,  tetapi cerdas secara spritual," kata Ketua Pergunu Jabar, Saepuloh, saat dihubungi di rumahnya kawasan Banjaran, Minggu 3 Mei 2020.

Baca Juga: Beberapa Hari Terakhir, Cimahi Nihil Kasus Positif Covid-19 sedangkan Pasien Sembuh Naik

Di era disrupsi, kata Saepuloh,  pendidikan ini akan berpindah kepada dunia maya berbasis online. "Tetapi perlu diingat, jika hanya belajar melalui dunia maya tanpa ada komunikasi langsung dengan guru, hanya akan membuat mereka tahu, tetapi tidak faham. Belum lagi soal pembentukan karakter dan spiritual anak yang tak bisa dengan teknologi," ujarnya.

 Ada empat pokok kebijakan dalam konsep Merdeka Belajar ala Nadiem. "Namun khusus pembelajaran jarak jauh ini pemerintah belum punya pengalaman. Selama ini yang dinilai sukses dengan pembelajaran jarak jauh adalah Universitas Terbuka, tetapi UT juga masih terkendala dengan akses internet di daerah pelosok," ucapnya.

Baca Juga: WarungMu Sediakan Sembako Gratis bagi Warga Terdampak Covid-19

Pemerintah harus menyiapkan regulasi terkait pembelajaran Daring ini. "Termasuk dengan sarana prasarana yang menunjangnya. Pemerintah harus membuat regulasi guna menjawab perkembangan pendidikan yang sekarang dalam masa pandemi Covid-19 sangat dirasakan oleh kita semua," ucapnya.

Saepuloh menilai, keberadaan guru tidak bisa hilang atau digantikan dengan internet sekali pun. "Mungkin pekerjaan memberikan materi pembelajaran bisa diganti dengan teknologi. Namun pendekatan batin, pembentukan karakter dan pembiasaan spiritual oleh guru tak bisa tergantikan," katanya.

Baca Juga: PSBB Kota Sukabumi, Petugas Gabungan akan Paksa Turun Penumpang Angkot Jika Tak Patuh

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X