Anggota Komisi IV DPR Nilai Program Cetak Sawah Baru Sebagai Kebijakan Anomali

- 2 Mei 2020, 13:54 WIB
PETANI memupuk sawah miliknya di Kampung Babakan Sayang, Desa Cibiru Hilir, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis, 19 Maret 2020.* /ADE MAMAD/PR

PIKIRAN RAKYAT – DPR menilai  program cetak sawah baru, yang kini digaungkan presiden pada tahun 2020 sebagai kebijakan yang Anomali. 

Pada evaluasi BPK, pemerintah sudah mengakui bahwa masih ada sawah-sawah yang merupakan cetakan 2014-2019 itu belum termanfaatkan secara optimal.

"Untuk tahun-tahun sebelumnya, program cetak sawah baru merupakan sebuah harapan untuk menggenjot produksi pangan yang terutama beras yang selalu impor, " kata anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin dalam pernyataannya, Sabtu 1 Mei 2020.

Baca Juga: 3 Film Pendek Bertema Persib Bandung untuk Menemani selama #DiRumahAja

Pada zaman Soeharto, hanya sekitar 10 tahunan Impor beras dapat ditekan dibawah 1 juta ton.

"Bahkan satu tahun sempat swasembada hingga ekspor 231 ribu ton sekitar tahun 1985 hingga 1986. Namun saat ini kebijakan program cetak sawah ini  bener-bener anomali," ujarnya.

loading...

Program ini  tidak mengingat sejarah era Soeharto yakni Rp  1,6 Triliun lenyap dari APBN akibat memaksakan lahan gambut dibuka untuk sawah yang tidak berefek sama sekali terhadap cadangan pangan nasional.

Baca Juga: Dituduh Memata-matai, Pemerintah Kolumbia Pecat 11 Pejabat Militer

"Tahun ini anggaran cetak sawah sebesar Rp 209,8 Milyar  pada postur anggaran Tahun 2020, kemudian dipangkas menjadi Rp 10,8 Milyar dan kini nol rupiah setelah adanya pengalihan anggaran untuk penanggulangan Corona," ujarnya.

Selain itu, percetakan sawah ini butuh waktu minimal 1 tahun. Itupun diluar proses pembangunan infrastruktur penunjang seperti irigasi dan jalan. "Masa wabah covid-19, cetak sawah belum proses tanam, keburu rakyat kelaparan akibat kekurangan pangan", jelas Akmal.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X