Senin, 25 Mei 2020

1.000 Paket Sembako Dibagikan ke Panti Asuhan hingga ODHA di Kota Bandung

- 7 April 2020, 19:22 WIB
ILUSTRASI sembilan bahan pokok (sembako).* /DOK. PR

PIKIRAN RAKYAT - Forum Bandung Sehat (FBS) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung-melalui Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) menyalurkan bantuan 1.000 paket sembako di tengah kondisi pandemi COVID-19. Pemberian bantuan tersebut menyasar 53 lembaga, terdiri atas LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak), panti asuhan, dan panti jompo.

Selain itu, FBS bersama Dinsosnangkis Kota Bandung menyalurkan bantuan bagi 100 keluarga penyandang disabilitas, dan 30 keluarga orang dengan HIV AIDS (ODHA). Ketua FBS Siti Muntamah Oded memberikan bantuan secara simbolis kepada 15 perwakilan penerima di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa 7 April 2020.

Siti menyebutkan, para penerima bantuan tersebut di luar kelompok masyarakat desil 1 (sangat miskin), dan 2 (mikin) yang telah lebih dulu beroleh (bantuan) paket sembako.

Baca Juga: Termasuk Guru Honorer, Warga Miskin Baru akibat COVID-19 Bertambah 100 Ribu

"Pada kesempatan sebelumnya, kami menyalurkan bantuan paket sembako kepada 23 ribu keluarga," ucap Siti di Pendopo Kota Bandung, Selasa 7 April 2020.

Saluran donasi ke panti, ucap Siti, menurun di tengah pendemi COVID-19. Menurut dia, persentase penurunan mencapai sekitar 80% daripada biasanya. Berdasarkan informasi pihak panti, Jadwal kegiatan berbuka puasa LKSA, panti asuhan, panti jompo saat Ramadan pun dibatalkan.

"Urusan itu belum ada yang memerhatikan secara spesifik. Sebagai bagian gugus tugas (pencegahan, dan penanganan COVID-19), saya menyampaikan kepada pemerintah agar turut memerhatikan LKSA, panti asuhan, panti jompo, penyandang disabilitas, ODHA. Alhamdulillah, koordinasi dengan Dinsosnangkis Kota Bandung berjalan baik, kemudian menyalurkan bantuan kepada mereka," tutur Siti.

Baca Juga: Ungkap Hukum Tolak Pemakaman Pasien Virus Corona, MUI: Dosa, Menolak Perintah Agama

Siti tengah memikirkan langkah guna memenuhi kebutuhan sembako bagi LKSA beserta panti-panti saat menjalani Ramadan mendatang. Ketersediaan sembako merupakan hal penting, memberikan suasana aman bagi mereka saat menjali Ramadan.

Siti mengajak kepada berbagai pihak agar mengindahkan kebijakan Wali Kota Bandung Oded M Danian, dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. 

"Insya Allah, kebijakan itu demi keselamatan, keamanan, dan membuat Kota Bandung ke luar dari krisis COVID-19. Tentu, masyarakat perlu mengiringi dengan sikap disiplin, menghormati, dan meyakini kebijakan itu demi kebaikan bersama," ujar dia.

Baca Juga: Tanoto Foundation Sumbang Lebih dari 1 Juta APD ke BNPB, 30 Ton Bantuan Lainnya Menyusul

Perwakilan Forum Komunikasi Panti Sosial Kota Bandung Deden Rustandi menyampaikan terima kasih atas pemberian bantuan, bermanfaat untuk kelangsungan pengasuhan, dan pembinaan di tengah kondisi pandemi COVID-19. Dia berupaya agar putri, dan putri di panti sosial tetap sehat, serta mengindahkan imbauan beraktivitas di rumah.

"Kami mendoakan Pak wali kota (Oded M Danial) beserta jajaran, termasuk warganya terus beroleh perlindungan dari Allah SWT. Kami juga berdoa, musibah ini bisa segera usai," ucap Deden.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X