Kamis, 4 Juni 2020

Intensitas Hujan Tinggi, Banjir di Timur Kota Bandung Sudah Diprediksi

- 31 Maret 2020, 14:03 WIB
BANJIR menggenangi kompleks perumahan Bumi Adipura, Gedebage, Kota Bandung, Selasa (31/3/2020). Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Senin, 30 Maret 2020 sore hingga malam, mengakibatkan beberapa sungai di kawasan Bandung Timur meluap dan menyebabkan banjir. /ADE BAYU INDRA/PR

PIKIRAN RAKYAT – Hujan sepanjang Senin 20 Maret 2020 sore hingga malam di sejumlah wilayah Kota Bandung mengakibatkan sejumlah sungai dan anak sungai meluap.

Ratusan rumah di pemukiman kawasan timur Kota Bandung terendam banjir, akses jalan tergenang dan tidak dapat dilalui kendaraan.

Baca Juga: Efek COVID-19, Gerry Salim Batal Turun di Dua Ajang Balap Bergengsi

“Sudah kami prediksi, bahwa hujan hari (Senin, 30 Maret 2020) ini akan mengakibatkan banjir disejumlah wilayah Bandung Timur. Karena dalam sepekan ini dan bahkan sehari sebelumnya (Minggu, 29 Maret 2020) intensitas hujan sudah mulai tinggi dikawasan pegunungan (Manglayang), dan sejak tadi pagi kawasan pegunungan sudah tertutup awan tebal dan menjelang siang mendung,” ujar ),” ujar Tatang Supriatna, Kepala Seksi  Pemeliharaan Drainase dan SDA Bidang Pemeliharaan dan Pengendalian di Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, ditemui saat pengoperasia pompa portable di persimpangan Jalan Soekarno Hatta-Gedebage-Rumah Sakit.

Tingginya permukaan air di kawasan Gedebage dan Panyileukan akibat meluapnya sejumlah anak sungai Cinambo mengakibatkan sungai Cinambo meluap dan meredam sejumlah wilayah di Kecamatan Gedebage.

Baca Juga: Bob Hasan Meninggal usai Berjuang Melawan Penyakit Kanker dan Paru-paru

Di antaranya ratusan rumah di Perum Adipura  di Kelurahan Rancabolang, meliputi cluster Pinus (RW 08), Palem (RW09) dan Tulip (RW 10) dengan ketinggian air antara 20 centimeter hingga 80 centimeter, serta di Kelurahan Rancasari.

Selain kawasan Gedebage, genangan air diruas jalan nasional (protokol)  Soekarno Hatta terdapat disejumlah titik. Demikian di ruas jalan nasional Ibrahim Adjie, Lingkar Selatan, Jend. Ahmad Yani, A.H. Nasution, Jalan Jakarta serta sejumlah ruas jalan di pemukiman warga.

Genangan air luapan sungai Cikapundung Kolot (Cipaera) mengakibatkan genangan air setinggi 60 centimeter di Jalan Gudang Utara, Cipaera dan Jalan Laswi, Cinta Asih.

Baca Juga: BERITA BAIK: 4 Pasien Positif COVID-19 di Semarang Dinyatakan Sembuh

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X