Selasa, 31 Maret 2020

Untuk Pertama Kali, Sidang PN Bandung Digelar dengan Video Conference

- 26 Maret 2020, 18:35 WIB
ILUSTRASI pengadilan.* /PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Pengadilan Negeri Bandung Kelas I.A Khusus Jalan RE.Martadinata Kota Bandung mulai Kamis 26 Maret 2020 menggelar sidang dengan memanfaatkan teknologi video conference. Persidangan tersebut tidak menghadirkan terdakwa ke pengadilan tapi terdakwa tetap berada di rutan.

Terobosan tersebut untuk mencegah penularan virus corona (covid-19). Hak ini juga dilakukan sebagai langkah untuk menerapkan kebijakan jaga jarak (social/physical distancing).

"Sidang vicon ini, hakim tetap berada di pengadilan, jaksa dan terdakwa tidak perlu hadir di pengadilan cukup di rutan (rumah tahanan) saja, komunikasi dilakukan melalui sarana monitor," kata Wasdi Permana Humas PN Bandung dihubungi Kamis 26 Maret 2020.

Baca Juga: Purwakarta Bukan Zona Merah Virus Corona, Hanya Kebagian 179 Unit Alat Rapid Test

Menurut Wasdi, sidang vicon (video conference) untuk sidang pidana hari ini, ada 3 perkara. 1 perkara dengan ketua Majelis Hakim, Wasdi Permana dengan agenda tuntutan, 1 perkara dengan ketua Majelis Hakim Rifandaru E.Setiawan dengan agenda pemeriksaan terdakwa dan 1 Perkara majelis hakim diketuai Toga Napitupulu, dengan agenda tuntutan.

loading...

"Ini untuk pertama kali digelar Pengadilan Negeri Bandung Kelas I.A Khusus bersama Kejaksaan Tinggi Jabar, Kejaksaan Negeri Bandung dan Rutan Kebonwaru Bandung," katanya.

Lebih lanjut kata Wasdi, sidang eletronik ini, merupakan terobosan peradilan secara Vicon (video conference) yang telah dikembangkan Mahkamah Agung (MA). 

Baca Juga: Cek Fakta: BNI Dikabarkan Minta Nasabah Tetap Bayar Cicilan di Tengah Wabah Virus Corona COVID1-9

Sidang vicon dilaksanakan khususnya yang tahanan terdakwanya mepet (hampir habis) dan tidak bisa diperpanjang ke PT.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X