Selasa, 31 Maret 2020

Antisipasi Penyebaran Covid-19, PLN UP3 Cimahi Hentikan Sementara Pencatatan Meteran Listrik

- 25 Maret 2020, 17:05 WIB
Listrik.*/DOK. PR /null

PIKIRAN RAKYAT - Untuk menekan penyebaran virus corona (covid-19), PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Cimahi untuk sementara mulai menghentikan pencatatan meteran listrik pascabayar oleh petugas dari pihak ketiga.

Pelanggan diharapkan bisa melakukan pencatatan meteran mandiri, yang berlaku untuk pembayaran bulan April 2020.

Demikian diungkapkan Manajer Area Jaringan PLN UP3 Cimahi Pilih Kondang, Rabu, 25 Maret 2020.

Baca Juga: 300 Pegawai RSHS Bandung yang Beresiko Tinggi Jalani Tes Hari Ini, Berikut Hasil Lengkapnya

"Ini sesuai peraturan PLN dalam masa darurat covid-19. Juga berlaku di Jawa Barat, termasuk bagi pelanggan di Kota Cimahi dan Bandung Barat," ujarnya.

Bagi pelanggan pascabayar yang tidak dapat mengirim ID pelanggan dan foto angka KWH meter, selama periode itu maka tagihan listrik April 2020 akan dilakukan perhitungan rata-rata pemakaian selama tiga bulan terakhir.

Dia mencontohkan, penggunaan listrik pada bulan Desember 2020 sebanyak 10 kWh, Januari 2020 12 kWH dan Februari 2020 sebanyak 9 kWH.

Baca Juga: Ikut Pengajian Online saat Wabah Virus Corona, Arie Untung: Bukan Berarti Tak Boleh Nimba Ilmu

"Maka untuk bulan Maret diambil rata-rata pemakaian 10,33 kWH. Jadi itu yang akan ditagihkan. Sehingga tidak perlu petugas baca meter yang datang ke rumah," jelas Kondang.

Kebijakan tersebut baru akan dilakukan untuk penggunaan listrik bulan Maret yang ditagihkan bulan April 2020. Pihaknya berharap kondisi segera normal, sehingga petugas pencatat meter bisa kembali  mendatangi pelanggan pascabayar.

"Kita lihat perkembangan kondisinya. Diterapkan sampai aman," imbuhnya.

Baca Juga: Tes Covid-19 Massal Disebar di 8 Titik, Skema Drive Thru Dikhawatirkan Mengundang Kerumunan Massa

Meskipun pandemi corona masih berlangsung, lanjut Kodang, PLN tetap menyelenggarakan layanan bagi pemohon pasang baru, tambah daya hingga layanan perbaikan ganggun.

"Masyarakat tak harus datang ke Kantor PLN. Cukup hanya menghubungi call center PLN 123. Semua dapat dilayani, khusus untuk layanan gangguan PLN siap 24 jam. Kegiatan pengamanan jaringan juga jalan terus," tuturnya.

Baca Juga: Untuk Memutus Mata Rantai Covid-19, PMI Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Ruang Publik

PLN UP3 Cimahi mengimbau pelanggan agar tetap waspada terhadap oknum yang memanfaatkan situasi saat ini.

"Apabila ada orang yang mengaku petugas, harap kenali identitasnya dari mulai ID Card hingga surat tugas. PLN hanya menjual produk berupa energi listrik dan tidak menawarkan hal-hal di luar kewenangan. Jika ada petugas di lokasi meminta uang dan menawarkan produk, dipastikan itu oknum. PLN tidak melakukan transaksi di lokasi maupun di kantor, pembayaran layanan via bank dan bisa online di mana saja," tuturnya.***


Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X