Cegah Covid-19, Bilik Sterilisasi Akan Hadir di Pasar-pasar Tradisional Kota Bandung

- 23 Maret 2020, 18:54 WIB
PEDAGANG sayur menunggu pembeli, di lapaknya di Pasar Induk Gedebage, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Minggu (22/3/2020). Menurut mereka pembeli kini semakin sedikit, hingga omset turun sekitar lima puluh persen. /ADE BAYU INDRA/" PR"

PIKIRAN RAKYAT – Selain menyemprotkan cairan disinfektan ke tiap-tiap pasar tradisional, jajaran PD Pasar Bermartabat bersiap menyediakan bilik sterilisasi guna mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Jajaran PD Pasar Bermartabat menyiapkan satu bilik sterilisasi di Pasar Sederhana Kota Bandung sebagai percontohan.

Direktur Operasional dan Komersil PD Pasar Bermartabat Panca Saktiadi Sutisna menuturkan, menyiapkan bilik sterilisasi di Pasar Sederhana mulai Selasa, 24 Maret 2020.

Baca Juga: PERSIB Hari Ini: Momen Pahit Kontra Persija, Prosedur Ketat di Tengah Wabah Corona, hingga 'Kesempatan Dekat dengan Tuhan'

Penyiapan bilik sterilisasi merupakan prakarsa dari jajaran PD Pasar Bermartabat.

"Kami menyiapakan satu dulu. Kantor PD Pasar Bermartabat yang berada di area Pasar Sederhana merupakan salah satu pertimbangan pemilihan penempatan percontohan bilik sterilisasi. Langkah ke depan, kami berupaya menyedikan bilik sterilisasi di tiap-tiap pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Bermartabat," ucap Panca di Bandung, Senin, 23 Maret 2020.

Penyediaan bilik sterilisasi mendatang, ucap Panca, bermaksud meningkatkan pemenuhan kebutuhan sanitasi pedagang, pengunjung pasar, beserta pegawai PD Pasar Bermartabat.

Baca Juga: Produksi Sendiri, RSUD Dr Moewardi Surakarta Siap Memasok Kebutuhan APD untuk Tangani Pasien Covid-19 RS Lain

Harapnnya, upaya itu dapat lebih meningkat keamanan, dan kenyamanan seluruh elemen yang beraktivitas di pasar dalam kondisi pandemi Covid-19.

Panca memaparkan, pemasangan fasilitas cuci tangan, atau wastafel di tiap-tiap pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Bermartabat juga segera berjalan.

Terdapat 37 pasar di bawah pengelolaan PD Pasar Bermartabat. Berdasarkan ketersediaan unit yang ada saat ini, paling tidak terdapat satu fasilitas cuci tangan di tiap-tiap pasar.

Baca Juga: 5 Ide Resep Masker Berbahan Dasar Kunyit, Bisa Atasi Berbagai Permasalahan Kulit

"PD Pasar Bermartabat menyiapkan 20 unit, dari Pemerintah Kota Bandung ada 12, dan bantuan salah satu BUMN 9 unit. Berdasarkan ketersediaan unit daripada jumlah pasar, ada (pasar) yang bisa memiliki dua fasilitas cuci tangan. Kami berupaya mencari peluang penambahan unit, agar tiap-tiap pasar paling tidak memiliki dua fasilitas cuci tangan," tutur Panca.

Direksi PD Pasar Bermartabat, ucap Panca, telah membentuk satuan tugas khusus pencegahan penyebaran Covid-19.

Pihaknya berupaya memenuhi standar kesehatan maksimal, terutama aktivitas di pasar.

Membarengi pengadaan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan sanitasi beserta penyemprotan disinfektan, pihaknya mengedukasi, dan menyosialisasikan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada pedagang, juga pengunjung pasar.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X