Alihkan Misa ke Layanan Streaming, Gereja-gereja Katolik di Bandung Imbau Masyarakat Berkontribusi Cegah Virus Corona

- 21 Maret 2020, 16:14 WIB
PENYEMPROTAN cairan disinfektan di Gereja Katedral, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu, 21 Maret 2020.*
PENYEMPROTAN cairan disinfektan di Gereja Katedral, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu, 21 Maret 2020.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Gereja-gereja Katolik di Kota Bandung mengalihkan Misa mingguan dan harian dari tatap muka ke layanan streaming video hingga dua pekan mendatang.

Gereja juga mengajak warga untuk bersama-sama masyarakat berkontribusi dalam pencegahan penyebaran virus corona. 

Kebijakan meniadakan ibadah tatap muka termuat dalam Surat Gembala Uskup Bandung Antonius Subianto Bunjamin, OSC yang beredar Jumat, 20 Maret 2020 petang.

Baca Juga: Cegah Potensi Meluasnya Virus Corona, Kemenhub Pertimbangankan Opsi Larangan Mudik

Gereja-gereja paroki di Kota Bandung dan sekitarnya menanggapi surat tersebut dengan menerbitkan pengumuman peniadaan ibadah ekaristi tatap muka.

Gereja Katedral Santo Petrus meniadakan ekaristi bersama umat hingga 3 April 2020 mendatang. Perpanjangan peniadaan ibadah ini, baik mingguan maupun harian, dapat diperpanjang sesuai kondisi terkini.

Sebagai ganti ibadah publik, gereja menyediakan layanan streaming video di jam-jam tertentu. Jadwal ibadah bisa dilihat umat lewat laman resmi dan akun media sosial Gereja Katedral.

 Baca Juga: Vanessa Angel Sempat Ditangkap Polisi saat Tengah Mengandung, Dody Soedrajat Ceritakan Kondisi Putrinya

“Semua ini kita lakukan sebagai ungkapan niat baik dan kebersamaan kita dengan semua pihak dalam usaha pencegahan virus corona,” begitu salah satu poin pengumuman yang ditandatangani Pastor Paroki Katedral Barnabas Nono Juarno, OSC. 

Paroki Santa Odilia di Jalan Cikutra juga mengumumkan peniadaan ekaristi mulai Sabtu 21 Maret 2020 ini. Gereja memberikan tautan layanan ibadah secara daring bagi umat.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X