Selasa, 26 Mei 2020

Ridwan Kamil Siapkan Tiga Skenario Penanganan Covid-19 di RS Hasan Sadikin Bandung

- 19 Maret 2020, 06:28 WIB
Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan pihaknya bersama RSUP dr Hasan Sadikin telah menyiapkan skenario penanganan Covid-19.

Hal itu seiring dengan potensi bertambahnya pasien dalam pengawasan maupun pasien yang terkonfirmasi positif. 

Untuk diketahui, saat ini RSHS memiliki lima ruangan untuk menangani infkesi khsusu di Ruang Isolasi infeksi Khsusus Kemuning (RIIKK).

Baca Juga: Hewan Peliharaan Tidak Menularkan Virus Corona

Saat ini, RSHS pun sudah memanfaatkan ruangan lain karena adanya peningkatan jumlah pasien dalam pengawasan maupun kasus positif.

Adapun jumlah pasien yang masih dirawat di RSHS per tanggal 14 Maret sebanyak 6 orang. 

"RSHS ada tiga skenario. Kalau bertambah, itu nanti seluruh gedung dengan jumlah tempat tidur di Kemuning dengan total 250 bed itu akan dikonversi gedung Covid-19 sehingga pasien-psien TB dan lain-lain yang sekarang masih berdampingan dengan ruang isolasi itu akan digeser ke rumah sakit-rumah sakit lain sehingga fokus,"kata dia usai menerima Menteri Dalam Negeri di Gedung Sate, Rabu, 18 Maret 2020. 

 Baca Juga: Sosialisasi Pencegahan Corona Belum Merata di Masyarakat Sumedang, Protokol Kesehatan Belum Optimal Diterapkan Pemkab

Selain, jika masih membutuhkan tempat perawata, pihaknya dan RSHS akan mendeklarasikan seluruh ruang perawatan di RSHS akan menjadi rumah sakit khusus Covid-19 sehingga pemerintah akan mendistribusikan semua ke RSHS.

Sementara pasien non Covid-19 akan dirawat ke RS lain maupun RSUD di Jabar.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X