Minggu, 7 Juni 2020

Para Guru Diminta Pantau Aktivitas Belajar Mengajar Meskipun Tidak Bertatap Muka

- 18 Maret 2020, 15:58 WIB
KEGIATAN belajar di sekolah dialihkan ke rumah.* /RIRIN NUR FEBRIANI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Para guru mesti tetap memantau perkembangan, dan mengevaluasi aktivitas belajar mengajar walaupun tak bertemu tatap muka dengan peserta didik.

Guna menunjang efektivitas belajar mengajar secara jarak jauh, orang tua perlu ikut membimbing, dan mengawasi aktivitas anak masing-masing. Demikian pernyataan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung Hikmat Ginanjar, Rabu 18 Maret 2020.

Disdik Kota Bandung menerbitkan surat edaran pada 17 Maret 2020. Surat berisi pengalihan proses belajar mengajar di rumah untuk sementara, juga mengatur Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Disdik Kota Bandung agar bekerja dari rumah sebagai upaya mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19). Hikmat menyebutkan, para tak asing akan metode pengajaran melalui media.

Baca Juga: Panic Buying Resahkan Masyarakat, Bupati Karawang: Kami Harap Tidak Terjadi

"Banyak aplikasi, di antaranya Sakola Juara (Sakoja), Pusat Belajar (Puber). Kami menyediakan 10 pilihan. Pihak sekolah beroleh kebebasan memilih dengan pertimbangan menyesuaikan kesiapan peserta didik," ucap Hikmat.

Disdik Kota Bandung, tutur Hikmat, menyiapkan materi tambahan bagi para pelajar sepanjang belajar dari rumah. Pihaknya mengarahkan tiap-tiap pelajar agar mencari informasi akurat, dan memahami alur penularan, cara pencegahan penyebaran, serta bahaya Covid-19.

"Harapannya, pelajar juga bisa menjadi agen untuk mengedukasi pencegahan penyebaran Covid-19, paling tidak di lingkungan keluarga masing-masing," ucap dia.

Baca Juga: Minimalisasi Tatap Muka, Layanan Pemkot Cimahi Mulai Beralih ke Sistem Online untuk Cegah Covid-19

Bagi pelajar kelas 6, dan kelas 9 yang bakal menghadapi ujian akhir, Hikmat menyampaikan, agar betul-betul memanfaatkan peluang belajar dari rumah. Kebijakan pelaksanaan waktu ujian akhir di tengah kondisi saat ini merupakan kewenangan pemerintah pusat.

"Selagi ada waktu belajar dari rumah, pelajar perlu memanfaatkan secara maksimal," ujar Hikmat.

Hikmat berpesan kepada seluruh jajaran Disdik Kota Bandung agar memahami kondisi saat ini. Dia turut mengajak semua pihak, termasuk orang tua dari tiap-tiap pelajar agar membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Kiper Persib Teja Paku Alam Akan Latihan Terpisah dan Tak Boleh Ada Kontak

Menurut Hikmat, orang tua perlu mengintensifkan komunikasi dengan anak-anak, juga terus mengingatkan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah kondisi saat ini.

"Bagi para orang tua, kami juga memohon agar memberi pengertian kepada anak-anak agar tak pergi ke luar rumah untuk keperluan yang kurang penting," tutur Hikmat.***

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X