Rabu, 3 Juni 2020

Motivasi Tentukan Keberhasilan Siswa Raih Prestasi, Bentuk Siswa yang Cageur, Bageur, dan Pinter

- 12 Maret 2020, 10:14 WIB
PEMATERI Yayasan Sadagori, Diah Hidayah, saat mengadakan permainan di sela-sela pelatihan motivasi di Aula Universitas Ma'soem, Kamis 12 Maret 2020.* /Sarnapi/

PIKIRAN RAKYAT - Para siswa kelas XII yang akan menghadapi ujian akhir perlu mendapatkan dorongan untuk meraih prestasi. Namun, tak jarang kejenuhan menghinggapi para siswa, sehingga mereka membutuhkan sedikit jeda agar motivasinya tetap terjaga.

"Siswa kelas XII harus menghadapi banyak rangkaian ujian, sejak Februari dan puncaknya akhir Maret ini berupa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), sehingga tingkat stres juga tinggi," kata Kepala SMA Al Ma'soem, Deni Purwadi, di sela-sela "Achievement Motivation Session for Al Ma'soem's Students", Kamis, 12 Maret 2020.

Baca Juga: Len Industri Tandatangani Tiga Kerjasama dengan Belanda

Dia menambahkan, sebanyak  293 siswa kelas XII SMA Al-Masoem mulai agak jenuh akibat sudah mengikuti ujian praktik dan tugas-tugas sekolah sejak Februari lalu.

"Padahal pada minggu depan dari 16-20 Maret para siswa  menghadapi ujian sekolah dan puncaknya UNBK pada 30 Maret sampai 2 April," ujarnya.

Baca Juga: Teddy Siapkan 10 Kuasa Hukum, Sule: Kenapa Harus Bawa Pengacara kalau Tidak Ada Apa-apa

Menghadapi kondisi seperti itu, dan untuk memotivasi kembali para siswa, SMA Al Ma'soem mengadakan pelatihan motivasi.

"Selain motivasi, acara sehari ini juga untuk menggali potensi tiap siswa, sebab pelatihan memakai "metode coaching". Proses ini untuk  menggali potensi siswa supaya keluar ide dan pikiran positifnya untuk mempercepat pencapaian  cita-citanya," ujarnya.

Baca Juga: DPR: Pemerintah Harus Segera Bentuk Satgas Virus Corona

Harapannya, setelah program ini, para siswa akan terbangun kesadarannya dan  harus bersungguh-sungguh dalam mewujudkan cita-citanya.

"Tentu saja semua itu harus diiringi dengan  menjadi pribadi yang  berakhlak baik sesuai dengan motto Al Ma'some, yakni cageur, bageur, dan pinter.  Para siswa mampu berkarya dengan hasil ide ide mereka sendiri, dan siap menghadapi persaingan global," ujar Deni, seraya menambahkan bahwa pelatihan ini bekerja sama dengan Yayasan Sadagori.***

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X