Minggu, 7 Juni 2020

Pulihkan Lahan Kritis, 1 Juta Pohon Akan Ditanam di DAS Citarum, Tri : Luas Lahan di Dalam Area DAS Mencapai 15.000 Hektare

- 10 Maret 2020, 11:30 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil sedang menanam pohon.* /Humas diskominfo

PIKIRAN RAKYAT - Untuk memulihkan lahan kritis di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Citarum, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam 1 juta pohon pada tahun ini.

Berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam, baik di dalam maupun di luar kawasan DAS Citarum.

Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, saat ini luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarum mencapai 15.000 hektare. Sementara, luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektare.

Baca Juga: Berteriak dari Balkon, Presiden Portugal Mengaku Meski Dinyatakan Negatif COVID-19 Tetap akan Jalani Karantina

"Untuk mengatasinya, sepanjang 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis," ujar Tri ketika ditemui selepas rapat koordinasi Satgas Citarum Harum pada tim Diskominfo Jabar, Selasa 10 Maret 2020. 

Pada tahun ini pihaknya menargetkan sebanyak satu juta pohon akan kembali ditanam. Lokasi diprioritaskan berada di dalam area DAS Citarum.

Baca Juga: Jawa Barat Masih Kekurangan Tenaga Penyuluh Agama, Ahmad : Honor Penyuluh PPPK Masih di Bawah Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK)

"Sekarang yang siap tanam ada sekitar satu juta pohon. Diutamakan (lahan kritis) yang ada di dalam kawasan dulu," ucapnya.

Sepanjang musim hujan tahun ini, dia mengatakan, aksi penanaman pohon telah dimulai. Jenis yang ditanam beragam, mulai dari pohon keras hingga kopi.

"Sekarang sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300.000-an, yang lainnya masih banyak lagi," jelasnya.

Baca Juga: Seorang Karyawannya Terinfeksi Virus COVID-19, Grab Tutup Sementara Kantor di Singapura dan Thailand

Selain mengkonservasi lahan, Tri mengatakan, pihaknya tahun ini juga akan menggalakan penindakan tegas para perusahaan yang kedapatan melanggar aturan pembuangan limbah. 

Dia mengatakan, pihaknya tidak akan segan-segan membawa perusahaan yang melanggar ke persidangan.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X