Rabu, 3 Juni 2020

Pemprov-KNPI Jabar Buka Peluang Magang di Australia, Rio : Slot Working Holiday Menjadi 3.100 Orang per Tahun

- 28 Februari 2020, 17:05 WIB
RIDWAN Kamil ketika kunjungan ke Australia.* /Dok

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KNPI Jabar bersepakat untuk fokus pada dua program di 2020, yaitu pembangunan desa dan penciptaan peluang magang di luar negeri.

Untuk merealisasikannya, kedua lembaga ini mengunjungi dua kota di Australia, yakni Perth dan Melbourne.

Kunjungan tersebut ingin mencontoh program 1.600 peluang magang di Abu Dhabi dan Dubai bersama Lulu Group Company. Pertemuan di Perth dilakukan bersama konsulat jenderal Kedubes Indonesia di Perth dan lembaga pendidikan Invents Australia.

Baca Juga: Pakar Menilai Omnibus Law Belum Cocok Diterapkan di Indonesia

Ketua KNPI Jabar Rio F Wilantara mengatakan, ada program working holiday atau berlibur sambil bekerja selama 1-2 tahun.

Perbedaannya, peserta program akan mendapatkan gaji. Mereka bekerja di sektor swasta yang membutuhkan, seperti perusahaan IT, perkebunan, rumah sakit, marketing, Pendidikan, dan lain lain.

“Dulu slot untuk working holiday hanya 1.000 orang per tahun. Sebulan lalu oleh Pak Presiden Jokowi diminta penambahan menjadi 3.100 orang per tahun dan disetujui pemerintah Australia,” kata Rio dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat, 28 Februari 2020. 

Baca Juga: Bupati Purwakarta Ingin PNS hingga Marbot Masjid Ikut Jamsostek

Menurut Rio, KNPI Jabar bersama Pemprov Jabar akan bekerjasama dengan lembaga invents Australia, untuk menyeleksi para pemuda yang berminat untuk program working holiday tersebut.

Diharapkan para pemuda mendapat pengalaman dalam mempelajari budaya, bahasa dan kebiasaan di Australia, kemudian kembali ke Indonesia dengan semangat berbeda, menjadi SDM kompetitif.

Rio menyatakan, dalam kunjungan ke Australia yang dipimpin Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi Kadisdik Jabar Dewi Sartika, rombongan melakukan pertemuan dengan Melbourne Symphony Orchestra (MSO) yang bergerak di dunia seni, khususnya music untuk mengajak anak-anak muda potensial Jawa Barat dalam berkolaborasi membuat agenda musik besar di Jawa Barat dan Melbourne.

Baca Juga: Butuh Biaya Miliaran Rupiah, untuk Penerapan CBF di Waduk Jatiluhur

“Ada kolaborasi antara pelaku seni Australia dan Jawa Barat, antara musik tradisional dan modern. Pak Gubernur Ridwan Kamil berencana mempopulerkan angklung,” kata Rio.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X