Rabu, 8 April 2020

Menangani 72 Pohon Sepanjang Januari 2020, DPKP3 Kota Bandung: Penebangan adalah Layanan Gratis Masyarakat Bisa Buat Laporan

- 27 Februari 2020, 08:05 WIB
SEBUAH pohon tumbang menimpa bangunan dan kendaraan milik warga di kawasan Cugenang, Cianjur, belum lama ini. Hingga memasuki awal 2020, pohon tumbang masih banyak terjadi karena hujan deras disertai angin kencang.* /SHOFIRA HANAN/PR

PIKIRAN RAKYAT - UPT Penghijauan, Pertamanan, dan Pemeliharaan Pohon dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) melaksanakan langkah pengedalian atas 72 pohon sepanjang Januari 2020. Sejumlah dua pohon di antaranya ditebang.

Kasubbag UPT Penghijauan, Pertamanan, dan Pemeliharaan Pohon Mustopa menyebutkan, pengendalian pohon berupa pemangkasan penebangan merupakan bagian upaya mengantisipasi kejadian (pohon) tumbang.

Baca Juga: Miki Soesanti Buka Suara Terkait KDRT yang Dilakukan Kakak Kandung Chelsea Olivia

Perihal pohon tumbang, Mustopa menyampaikan data, terjadi beberapa kali pada 2020, di antaranya, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Protela, Jalan Nusasari, Jalan Cipamokolan, Jalan Cisokan. Jenis pohon berbeda-beda, seperti trembesi, lamtoro, pete,albasia.

"Terdapat pula beberapa pohon yang patah dahan, seperti di Jalan Riau, Jalan Serayu, Jalan Stasiun Timur, Jalan Hegarmanah Tengah," ucap Mustopa di Bandung, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Sebulan Jalani Tiga Kali Operasi, Suti Karno Ungkap Curahan Hatinya

Mustopa turut menyampaikan data perihal jumlah surat permohonan dari masyarakat perihal pengendalian pohon. Pihaknya beroleh 79 surat permohonan sepanjang 2020. Jumlah itu terdiri atas 37 pemangkasan, 27 penebangan, dan 15 keperluan lain-lain.

Pertimbangan pemangkasan, dan penebangan berdasarkan sejumlah faktor, di antaranya, kondisi pohon (keropos, atau tua), menghalangi rambu lalu lintas, penerangan jalan umum (PJU).

Baca Juga: Dapatkan Hasil Buruk di Tes Pramusim MotoGP, Pernat: Marquez Tidak dalam Kondisi Baik dan Motor Sulit Dikendalikan

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X