Sabtu, 4 April 2020

Bertransformasi dari Angkot 05, Beginilah Cerita Angkot 08 di Kota Bandung Kini

- 26 Februari 2020, 14:29 WIB
ANGKOT 08 di Kota Bandung, dengan trayek Leuwipanjang-Antapani, sebelumnya dikenal dengan angkot 05 trayek Cicaheum-Cibaduyut.* /FARIDA AL-QODARIAH/PR

PIKIRAN RAKYAT - Angkutan perkotaan (angkot) 08 menjadi salah satu kendaraan yang kerap dipilih sebagian warga Kota Bandung untuk mendukung aktivitas mereka.

Angkutan yang sebenarnya lebih sedikit dibandingkan trayek lain ini, biasa beroperasi mulai pukul 07.00 WIB hingga waktu yang tak bisa ditentukan.

Sebab tergantung target setoran yang harus dicapai setiap harinya.

 Baca Juga: Beredar Foto Halaman Jatim Expo Penuh Sampah Usai Pertemuan Lurah se-Jawa Timur, Pemprov Buka Suara

Untuk diketahui, angkot 08 di Kota Bandung mengangkut penumpang dengan rute perjalanan Leuwipanjang hingga Antapani dan sebaliknya.

Sebelumnya, angkot ini dikenal dengan angkot 05 bertrayek Cibaduyut – Cicaheum pp.

loading...

"Dulu 08 itu asalnya 05. Warna asalnya juga merah, tapi lalu diubah oleh pihak pemerintah kota bandung jadi 08 dengan warna hijau muda," ujar Yana (45), saat diwawancara pada 26 Februari 2020, sambil menyetir angkutan umum jurusan Cibaduyut.

Baca Juga: Tradisi Aklamasi Hindarkan Partai Golkar Jabar dari Politik Uang, Hadi : Menandakan Ada Kesamaan Visi dan Misi

Yana juga menambahkan, sebelum diubah angkutan 08 tersebut, sering terjadi tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum pengemudinya.

"Dulu para sopirnya itu kebanyakan bukan orang Bandung, banyak dari luar Jawa bahkan Medan. Terkenal kalau mereka sering meminum minuman keras dan membahayakan penumpang. Gak sedikit juga yang bahkan menjadi korban perkosaan," ujar Yana.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X