Selasa, 7 April 2020

Sudah Tua dan Keropos, Ratusan Pohon di Bandung Utara Rawan Tumbang

- 25 Februari 2020, 19:12 WIB
FOTO udara sebagian kawasan Bandung utara. Rencananya akan dibangun waterboom di sesar Lembang.* /ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sekitar 200 pohon di kawasan Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan Bandung Utara rawan tumbang. Hal itu dilihat dari kondisi pohon yang sudah tua dan keropos, sehingga harus segera dirobohkan.

Administratur Perum Perhutani KPH Bandung Utara Komarudin mengungkapkan, sejumlah pohon yang rawan tumbang itu berada di wilayah Cikole, Cisarua, dan Manglayang. Dari 200 pohon rawan tumbang, sekitar 70 pohon di antaranya sudah dirobohkan.

"Sejumlah pohon yang dirobohkan itu berada sangat dekat dengan jalan raya dan permukiman warga. Jadi bukan ditebang, tapi dirobohkan," ujarnya, Selasa 25 Februari 2020.

Baca Juga: Jelang Kick-Off Liga 1 2020, Pelatih Persib Pandang Lini Pertahanannya Sudah Stabil

Menurut dia, sejumlah pohon itu dirobohkan dari akar-akarnya. Nantinya, batang pohonnya disimpan sampai lapuk dan tidak boleh dimanfaatkan karena bukan untuk keperluan umum.

Perobohan akan dilakukan agar 200 pohon yang rawan tumbang itu tak berdampak bahaya pada warga. Namun, perobohan bergantung pada kondisi di lapangan.

"Kami lebih waspada dan sudah mendapat surat dari pimpinan untuk mengidentifikasi pohon rawan tumbang untuk kemudian dirobohkan. Sebab, perobohan harus dengan persetujuan pimpinan," katanya.

Baca Juga: Hati-hati Travel “Nakal” dan Tak Berizin, Sekira 150.000 Warga Jawa Barat Umrah Tiap Tahun

Ia mengatakan, setelah melakukan perobohan pohon tua, pihaknya langsung menanam sebanyak tiga hingga lima pohon untuk pengganti satu pohon yang telah dirobohkan. Hal itu dilakukan untuk peremajaan pohon, sehingga kawasan hutan tetap terlindungi.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X