Hari Ini Tepat 15 Tahun Lalu Tragedi Longsor Sampah Tewaskan 157 Orang dan Menimbun Dua Kampung

- 21 Februari 2020, 15:03 WIB
Peringatan 15 Tahun Longsor Sampah TPA Leuwigajah.* /RIRIN NUR FEBRIANI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Paparan sejarah tragedi yang menewaskan ratusan jiwa di Kp. Cilimus dan Kp. Pojok perbatasan Kota Cimahi-Kab. Bandung Barat (dulu Kab. Bandung) membuka rangkaian peringatan 15 tahun kejadian longsor sampah di TPA Leuwigajah, Jumat 21 Februari 2020.

Peringatan dilakukan sebagai pengingat agar tragedi memilukan tak terulang.
Pelaksanaan peringatan tragedi longsor sampah digelar dalam upacara adat bersama warga adat Cireundeu dan masyarakat sekitar RW 10 Kel. Leuwigajah Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Warga bersama-sama memanjatkan doa kepada ratusan korban jiwa yang meninggal dunia, keluarga yang ditinggalkan, terutama meminta ampun kepada Sang Maha Pencipta atas kelalaian menjaga alam.

Baca Juga: Guru SMAN 12 Kota Bekasi Dipindahkan, Ridwan Kamil Minta Sekolah Jadi Rumah Kedua

Di hadapan warga terdapat bunga dan air dari mata air yang akan dipakai untuk tabur bunga. Sesepuh Kampung Adat Cireundeu Abah Emen Sunarya memberi wejangan dan dilanjutkan doa yang dipimpin Abah Uloh.

Ais Pangampih Kampung Adat Cireundeu Abah Widi, mengatakan, ratusan korban yang sedang tertidur pulas di kediaman masing-masing harus tertimbun longsor sampah yang terjadi pukul 2.00 WIB pada 21 Februari 2005.

"Nu janten kasedih urang, runtagna sampah anu ngalantarankeun dulur urang rata sareng tanah (Yang membuat kita sedih, longsoran sampah yang menyebabkan saudara kita rata dengan tanah," ujarnya.

Baca Juga: Dari Lemon hingga Mangga, Berikut 4 Makanan Asam yang Efektif Turunkan Berat Badan

Akibat kejadian itu, permukiman di dua kampung raib, tercatat 157 orang terenggut nyawanya. Peristiwa tersebut ditetapkan sebagai bencana nasional oleh pemerintah dan mendasari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Pemerintah juga menerbitkan UU No. 8/2008 tentang Pengelolaan Sampah dan PP No. 18/2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X