Sabtu, 4 April 2020

Curi Motor Jadi Kerjaan Sehari-hari, Aksi Pian Akhirnya Terhenti Usai 34 Kali Beraksi

- 20 Februari 2020, 18:22 WIB
Polisi membekuk pencuri motor.* /RIRIN NURFEBRIANI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Lihai dalam melancarkan aksi pencurian sepeda motor, aksi Yayan alias Pian (31) terhenti setelah diringkus jajaran Unit Reskrim Polsek Padalarang. Warga Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat itu nyaris tiap hari mencuri sepeda motor dengan waktu sekejap.

Pelaku yang merupakan residivis untuk kasus yang sama diamankan pada tanggal 14 Januari 2020 di Kampung Purabaya Desa Jaya Mekar, Kecamatan Padalarang KBB. Pian sempat ditahan di Lapas Cianjur selama 2 tahun dan di Lapas Jelekong selama 3 tahun.

"Kami telah mengamankan pelaku spesialis curanmor di wilayah Padalarang. Dia kerap beraksi seorang diri dengan waktu yang sangat cepat," ujar Kapolsek Padalarang Kompol Supriati di

Baca Juga: Inspirasi di Balik Sosok Joker, Ternyata Bintang Jerman Anti-Nazi yang Ditemukan saat Genting

Mapolres Cimahi Jalan Jend. Amir Mahmud Kota Cimahi, Kamis 20 Februari 2020.
Berdasarkan catatan kepolisian, Pian melakukan pencurian di 34 TKP terutama di wilayah KBB dan Cianjur. Rinciannya 7 TKP di Padalarang, 6 TKP di Cililin, 10 TKP di Cipeundeuy, 1 TKP di Cisarua, 1 TKP di Saguling, 1 TKP di Cipatat, dan 8 TKP di Cianjur.

loading...

"Dalam kurun waktu Desember 2019 sampai awal 2020, sudah ada 34 TKP yang dilakukan Pian. Hampir tiap hari melakukan pencurian," katanya.

Pian menggunakan kunci astag dan kunci T untuk mencuri sepeda motor. Selain itu dia juga membawa golok sebagai antisipasi jika kepergok korban.

Baca Juga: Mimpi Terakhir Ashraf Sinclair Sebelum Meninggal Dunia, Ingin Punya Bayi Perempuan

"Dia sudah sangat ahli, satu motor tidak sampai 5 menit bisa dicuri. Jadi kunci astag atau T ditekan ke stop kontak. Setelah terbuka, dia bawa kabur motornya. Tapi plat nomornya langsung dilepas karena dia juga bawa obeng dan tang. Sasarannya sepeda motor yang terlihat kurang pengamanannya, mau itu di teras rumah atau di parkir umum," jelasnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X