Selasa, 7 April 2020

Kades di Jabar Harus Tingkatkan Kompetensi dan Profesional, Emil : dalam Setahun Status Desa-desa Melompat

- 19 Februari 2020, 15:33 WIB
FOTO ilustrasi turis tertarik dengan suasana desa wisata.*/ANTARA /null

PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pengurus DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Jabar yang merupakan kepala desa dari 18 kabupaten.

Gubernur berpesan agar selalu meningkatkan kompetensi, professional, dan melayani masyarakat. Terlebih kini, kepala desa diberikan tanggung jawab untuk mengelola dana desa.

"Jadi banyak tanggung jawab seperti harus meng-update diri dari sisi integritas jangan sampai tergoda oleh hal yang kurang baik, harus profesional, paham bagaimana pemerintahan digital dikelola,” tutur dia, dalam siaran pers, Rabu, 19 Februari 2020.

Baca Juga: Setelah Membagi Timnya Jadi Dua, Berikut Tim Persib yang Berangkat ke Bogor dan Cilacap

Dan, tambahnya, harus melayani, dia kan dipilih rakyat. Desa juga sekarang kan punya sistem untuk mengatur anggaran dan sepertiga dari seluruh desa di Jabar sudah cashless.

Ridwan pun telah melantik kepengurusan DPD  (Apdesi) wilayah Jabar, masa bakti 2019-2024 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa, 18 Februari 2020.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini mengungkapkan, dirinya telah menugaskan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk menghimpun aspirasi dari seluruh desa.

Baca Juga: Keluarga Tenaga Medis yang Rawat Korban Virus Corona Dikabarkan Diberi Rp 9 Juta Sebagai Kompensasi

Dikatakannya, ada sembilan program yang akan dijadikan anggaran terbaik di tahun 2021.

"Tadi kan dengan anggaran kita dan komitmen dalam setahun saja status desa-desa melompat, kami ingin ngebut mudah-mudahan tahun ini melompat lagi. Tahun pertama kan pondasi, tahun kedua akselerasi, tahun ketiga prestasi," ucapnya.

Diketahui, dalam kurun waktu 12 bulan, status desa sangat tertinggal di Jabar yang awalnya berjumlah 48 kini sudah nol.

Baca Juga: Agen Olahraga Sebut Pemain Manchester City akan Tetap Loyal kepada Klub Meski Dapat Hukuman dari UEFA

Kemudian 929 desa tertinggal kini menyusut sepertiganya yaitu 326 desa. Sementara desa berkembang yang awalnya berjumlah 3.600 desa saat ini meningkat menjadi 3.656 desa

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X