Minggu, 5 April 2020

Belanja Perjalanan Dinas ASN Pemprov dan DPRD Jabar Harus Online, Emil : Bisa Menghemat Anggaran Sebesar 30 Persen

- 18 Februari 2020, 18:12 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil menandatangani kerja sama dengan direktur PT Aero Globe Indonesia, PT Global Tiket Network (Tiket.com), dan PT Trinusa Travelindo (Traveloka) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa,18 Februari 2020.* /Pipin/Humas Jabar

PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggandeng tiga perusahaan penyedia layanan booking tiket dan hotel online, untuk keperluan perjalanan dinas ASN Pemprov dan DPRD Jabar. 

Pemesanan online untuk keperluan perjalanan dinas yang dibutuhkan hanya berupa tiket, melalui tiga provider yaitu PT Aero Globe Indonesia (Aerotravel), PT Global Tiket Network (Tiket.com), dan PT Trinusa Travelindo (Traveloka) 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan Direktur PT Aero Globe Indonesia, PT Global Tiket Network (Tiket.com), dan PT Trinusa Travelindo (Traveloka) di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa,18 Februari 2020.

Baca Juga: Soal 3 WNI Terinfeksi Virus Corona, Kemenkes Masih Tunggu Konfirmasi dari Kementerian Luar Negeri

Dengan kerja sama tersebut, tahun ini semua pembelanjaan keperluan perjalanan dinas ASN Pemprov Jabar dan anggota DPRD Jabar dilakukan secara online, sekaligus inovasi sektor pengadaan jasa pemprov yang pertama kali dilakukan di Indonesia.

Ridwan mengatakan, selama ini, biaya akomodasi perjalanan dinas dilakukan secara manual oleh tiap dinas. Setelah diteliti, banyak terjadi pemborosan lewat cara tersebut.

"Harga satu tiket bisa bervariasi, bahkan pernah kejadian dua kali lipat. Sehingga menurut saya, kebiasaan asal beli yang penting ada tapi tidak melihat optimalnya harga, mengakibatkan potensi tidak efisien," kata Ridwan.

Baca Juga: Bawang Putih Dijual Rp 28.000 per Kilogram, Harga Gula Pasir di Pasaran Perlu Diwaspadai

Sementara bila dilakukan secara online, lanjutnya, proses jual-beli akan terjamin secara kompetitif, mudah, dan lebih jelas pertanggungjawabannya lewat jejak digital.

Para ASN pun dipersilakan memilih keempat perusahaan tersebut untuk keperluan tiket dan akomodasi perjalanan dinas.

"Karena ini sifatnya tidak satu (perusahaan), maka ada empat perusahaan yang bergabung nanti boleh memilih mulai dari Traveloka, Airy, dan lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Beckham Putra Optimistis Uji Coba Tingkatkan Kerja Sama Tim Persib Bandung

Dari perhitungannya, kata dia, biaya akomodasi perjalanan dinas secara online bisa menghemat anggaran sebesar 30 persen. "Saya kira ini terobosan penghematan uang yang luar biasa," ucapnya.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X