Selasa, 7 April 2020

Anggaran Pengelolaan Arsip Sangat Minim, Kesadaran Aparatur Pemkab Bandung Masih Lemah

- 16 Februari 2020, 17:21 WIB
SUASANA Pameran Arsip Foto Tembang Sunda 27-30 November, di Photography Artspace, Bandung Creative Hub (BCH), Jl. Laswi No. 7 Bandung dengan kurator, Ivan Arsiandi.* /

PIKIRAN RAKYAT - Komisi D DPRD Kabupaten Bandung mempersoalkan alokasi anggaran untuk bidang Pengelolaan Arsip di Dinas Pengelolaan Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung yang hanya Rp 310 juta.

Anggaran sebesar ini dinilai terlalu kecil, karena untuk Bidang Perpustakaan mencapai Rp 1,1 miliar atau lebih dari tiga kali lipat anggaran Bidang Pengelolaan Arsip.

"Alokasi anggaran itu ada dalam APBD Kabupaten Bandung tahun 2020 yang sudah disetujui DPRD dan sudah dikoreksi Pemprov Jabar," kata Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bandung, KH. Wawan Sofwan, saat dihubungi, Sabtu, 15 Februari 2020.

Baca Juga: Berada di Atas Jokowi dan Anies Baswedan, Survei Tunjukkan Ahok Paling Berhasil Atasi Macet dan Banjir di Jakarta

Dia menambahkan, dengan jumlah desa dan kelurahan mencapai 280, sehingga kalau anggaran itu dibagikan hanya akan kebagian Rp 1 juta per desa atau kelurahan.

"Belum lagi dengan 31 kecamatan, sehingga saya nilai anggaran pengelolaan arsip ini sangat kecil," ujarnya.

Wawan mengakui, kesadaran aparatur Pemkab Bandung maupun masyarakat dalam mengelola arsip masih lemah.

Baca Juga: Rumah Dandi Hancur Diterjang Tanah Longsor, Kerugian Belum Bisa Ditaksir

"Salah satunya tercermin dari alokasi anggaran ini. Apalagi dari hasil penelitian Dinas Pengelolaan Arsip dan Perpustakaan kepada organisasi perangkat Pemkab Bandung, ternyata rata-rata nilainya hanya 50 dan 60," katanya.

Apalagi pengelolaan arsip di kantor kecamatan dan desa/kelurahan  juga kurang baik, sehingga hanya dua kecamatan yang nilainya baik.

"Ini tentu memprihatinkan, sebab arsip pasti dibutuhkan kapan pun meski saat ini sepertinya tidak terlalu penting," ujarnya.

Baca Juga: Ucapankan Selamat dari Madinah, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Doakan Betrand Peto Sehat Selalu

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X