Satgas Pangan Polda Jabar dan Indag Jabar Amankan 150 Ton Bawang Putih di Karawang, Ada Dugaan Penimbunan

- 13 Februari 2020, 15:18 WIB
KEPALA Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Moh Arifin Soendjayana, memperlihatkan bawang putih yang diduga ditimbun di sebuah gudang di Karawang. * /Humas Indag Jabar

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat serta Satgas Pangan Polda Jabar berhasil mengungkap dugaan penimbunan  bawang putih di Karawang.

Penelusuran lokasi dilakukan guna memastikan keberadaan stok dan tidak adanya indikasi permainan. 

Kepala Disperindag Jabar Moh Arifin Soendjayana mengatakan, sidak dipimpin AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat ke gudang importir milik PT Sinar Padang Sejahtera di Karawang Timur.

Baca Juga: Mendikbud Nadiem Makarim Ungkap Dua Kebijakan yang Belum Tersentuh, Satu di Antaranya Soal Guru

“Gudang importir ini informasinya memiliki stok 150 ton bawang putih. Kami sidak langsung ke lokasi gudang, bawang putih ada banyak, mungkin sekitar 150 ton,” tuturnya, Kamis, 13 Februari 2020. 

Hasil sidak menunjukan, pihak distributor tidak menyalurkan stok bawang tersebut sejak bulan November 2019. Dan, terdapat pengiriman bawang putih sebanyak 24 kontainer dengan isi masing-masing 30 ton.

“Sehingga total 720 ton, untuk pasokan di Jawa Barat 90% atau 648 ton dan 10% atau 72 ton ke Lampung. Harusnya ini bawang sudah keluar November,” kata Arifin.

Baca Juga: Naik Sekitar 16 Persen, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Anggarkan Rp 710 Miliar untuk 148 Unit Jembatan

Atas temuan tersebut, kata Arifin, pihak importir yang berada di Surabaya, Jawa Timur rencananya akan dipanggil pihak Polda Jabar untuk dimintai keterangan pekan ini.

Halaman:

Editor: Syamsul Bachri


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X