Selasa, 25 Februari 2020

Senang Dapat Bantuan Sosial PKH, Penerima Manfaat Berharap Bisa Graduasi

- 29 Januari 2020, 17:30 WIB
KELUARGA Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).* /RIRIN NURFEBRIANI/PR

PIKIRAN RAKYAT - Para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) senang dapat bertatap muka langsung dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam pencairan bantuan tahap 1 di Lapangan Rajawali Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Rabu 29 Januari 2020.

Mereka berharap bisa meningkatkan status kehidupannya sehingga bisa graduasi dari PKH.

Sedikitnya 2.500 keluarga penerima manfaat (KPM) PKH hadir di lokasi tersebut. Dari jumlah tersebut terdapat 112 orang KPM graduasi dalam proses penerimaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Negara Indonesia (BNI).

Baca Juga: Kasus Meikarta Jilid II, Eks Presdir Lippo Cikarang Bartholomeus Toto segera Disidang

"Ini sebagai upaya agar KPM yang telah lulus dari kepesertaan PKH dapat menjadi berdikari dan sejahtera," ujar Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara.

Hingga 17 Januari 2020 Kementerian Sosial telah menyalurkan bansos PKH senilai Rp7 triliun atau 24 persen dari total anggaran PKH Tahun 2020 sebesar Rp 29,3 triliun. Total bantuan PKH Tahap I yang disalurkan sebesar Rp 172 miliar untuk Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Penerima PKH, Nenden (39) asal Kel. Cibeber Kec. Cimahi Selatan mengatakan dirinya sudah menerima bantuan sosial tersebut selama 5 tahun terakhir. "Alhamdulillah sangat membantu untuk kebutuhan, saya punya anak 4 sekolah semua dari SD sampai SMK," ujarnya.

Baca Juga: Akui sudah Jalankan Tugas, Ma'ruf Amin: Kalau Saya Menonjol, Nanti Jadi Ada Matahari Kembar

Dirinya mengaku pencairan PKH lewat anjungan tunai mandiri (ATM) sangat memudahkan. "Kalau dulu harus lewat PT POS suka antre lama, sekarang tinggal pakai ATM. Tentunya saya pakai untuk kebutuhan sekolah anak karena biayanya mahal," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X