Sabtu, 22 Februari 2020

Penetapan Tersangka Para Petinggi Sunda Empire Jadi Pelajaran agar Tak Main-main dengan Sejarah

- 29 Januari 2020, 07:43 WIB
NB dan RRN, dua orang petinggi dari Sunda Empire saat ditetapkan sebagai tersangka di Ditreskrimum Polda Jabar, di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung pada Selasa, 28 Januari 2020 sore. * /MOCHAMMAD IQBAL MAULUD/PR

PIKIRAN RAKYAT -  Berkaitan dengan penetapan petinggi Sunda Empire sebagai tersangka, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jawa Barat Cecep Darmawan menilai, langkah tersebut merupakan langkah aparat penegak hukum atas sesuatu yang dinilai telah memenuhi unsur delik.

Langkah yang sama juga sekaligus menunjukkan bahwa negara hadir di tengah maraknya berbagai isu, termasuk Sunda Empire.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 29 Januari 2020: Virgo Buat Komitmen, Pisces Hindari Gebetan hingga Cancer Cobalah Lebih Rileks

"Dalam perspektif negara hukum, tidak boleh main-main dengan aturan. Kalau sudah masuk unsur delik, siapapun harus mengikuti hukum, bukan hanya soal Sunda Empire," katanya.

Dia berpendapat, salah satu persoalan yang mengemuka sejalan dengan kemunculan Sunda Empire adalah sejumlah klaim yang cenderung menyimpang dari catatan sejarah.

Maka kasus ini bisa menjadi pelajaran bersama bagi publik untuk lebih hati-hati dalam menyebarkan informasi.

Baca Juga: Menyusul Dirjen Imigrasi Dicopot, ICW Desak Jokowi Copot juga Yasonna Laoly

"Ini menjadi pelajaran bagi publik untuk tidak main-main dengan fakta sejarah, literasi publik, karena saat ini informasi begitu mudah diakses," ujarnya.

Dengan demikian, penahanan petinggi Sunda Empire juga menjadi terapi kejut (shock therapy) bagi seluruh kalangan yang memiliki agenda penyebaran berita bohong atau hoaks.

Hal ini bisa menimbulkan kebingungan atau bahkan keresahan di tengah masyarakat.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X