Senin, 30 Maret 2020

Kabar Terbaru Pasien Terobservasi Virus Corona di RS Hasan Sadikin Bandung, Membaik dan Diduga Hanya ISPA

- 28 Januari 2020, 13:52 WIB
JIKA manusia terpapar virus antraks dari hewan, bisa menyebabkan dirawat di ruang isolasi rumah sakit.* /Hendra Nurdiyansyah/ANTARA

PIKIRAN RAKYAT – RSUP dr Hasan Sadikin masih menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Jakarta, terkait spesimen dua pasien yang terobservasi Novel Coronavirus di RSHS saat ini. 

Untuk diketahui sampel dikirim RS Hasan Sadikin, Senin, 27 Januari 2020 kemarin, dan diperkirakan hasil bisa diperoleh hari ini atau besok, Rabu, 29 Januari 2020.

Baca Juga: Masih Berusia 18 Tahun, Billie Eilish Sudah Raih 5 Penghargaan Grammy Awards 2020

Sementara melalui Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati, Kemenkes menyatakan kedua pasien suspect virus corona, yang saat ini tengah ditangani RS Hasan Sadikin, hanya mengalami gangguan ISPA atau infeksi saluran pernapasan atas. 

Ketua Tim Infeksi Khusus yang menangani dugaan virus Corona RSHS, dr. Yovita Hartantri mengatakan, pihaknya belum mendapatkan informasi yang resmi.

"Artinya kami kan ada proses pengiriman menggunakan form stempel gitu ya. Maksudnya pada saat itu dikirim itu kami menyertakan satu form pemeriksaan dan untuk menyatakan apakah hasilnya positif atau negatif harus kami melihat dulu hasil form yang kami kirim itu hasilnya apa. Hingga saat ini saya belum belum menerima bahkan tadi juga dari sejawat kami dari bagian laboratorium juga belum mendapatkan hasil itu. Sehingga kami belum menyatakan seperti itu (ISPA)," ujar Yovi yang ditemui di RS Hasan Sadikin, Bandung, siang. 

loading...

Baca Juga: 5 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Bisa Melancarkan Pencernaan

Menurut Yovi hingga pukul 11.00 pihaknya belum menerima hasil resmi dari Balitbangkes. 

"Mengenai hasil sampel pasien ini belum kami dapatkan, belum kami terima sampai tadi siang jam 11 kami belum mendapatkan hasil pemeriksaan pengiriman yang ke Balitbangkes Jakarta," tutur dia. 

Sementara itu, terkait dengan kondisi pasien terkini, pihaknya sudah melakukan pertemuan klinis dan melihat pasiennya  di ruang RIKK (ruang infeksi khusus Kemuning).

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X