Sabtu, 30 Mei 2020

Tak Hanya Kenali Gejala Virus Corona, Masyarakat Diminta Pahami Juga Sistem Rujukan

- 27 Januari 2020, 14:33 WIB
RUANG infeksi di RSHS.* /DOK. HUMAS RSHS

PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat perlu mengenai gejala virus Corona, namun masyarakat pun perlu memahami cara merujuk pasien observasi virus Corona. 

Direktur Medik & Keperawatan RSHS dr. Nucki Nursjamsi, pemahaman rujukan perlu diketahui masyarakat karena jangan sampai seperti pasien pertama observasi virus Corona yang datang seperti pasien biasa. Hal tersebut tentunya beresiko terhadap pasien atau warga yang ada di sekitar pasien observasi saat itu. 

"Tata cara rujukan ke RSHS sudah disosialisasikan sama dinkes dan lainnya. Kalau ada pasien observasi, pertama informasi ke RSHS melalui sistem rujukan terpadu (sisulte), pasien disiapkan dengan baik oleh RS perujuk, kalau ada lampu hijau dari RSHS baru berangkat, "kata Nucki di RSHS, Senin 27 Januari 2020. 

Baca Juga: Waspadai Virus Corona, RS Syamsudin Siapkan Ruangan Isolasi dan APD

Nucki mengatakan, untuk sistem rujukan, kalau semua kriteria dirujuk maka jelas tidak akan tertampung. Dengan demikian menggunakan skrining awal di RS masing-masing dan itu pake sisulte.

"Jangan sekali-kali merujuk tanpa sistem itu karena bahaya di perjalanan. Kalau langsung IGD yang lain bisa terpapar. Kalau ada rujukan terpadu pihak RS pun akan lebih siap," kata dia. 

Di RSHS, lanjut dia, ada dua tempat khusus pasien infeksi yaitu bisa ke RIKK masuk melalui jalan rumah sakit nanti ada ruang dekontaminasi atau IGD juga ada ruang dekontaminasi pasien. Nanti ada standar untuk kemudian masuk ke ruang isolasi.

Baca Juga: Jokowi Mendorong PT PAL Mereformasi Rantai Pasok Produksi Alutsista

"Nanti di ruangan akan kita cek," ucap dia.

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X