Rabu, 8 April 2020

Diduga Menyebar ke Bandung, Berikut Tips Terhindar Virus Corona ala dr. Hadri Pramono dari RSUD Al Ihsan

- 27 Januari 2020, 09:46 WIB
Ilustrasi virus.* /DOK. CANVA

PIKIRAN RAKYAT - Virus corona diduga telah masuk ke Indonesia, bahkan suspect virus corona telah masuk ke Bandung dan tengah dalam perawatan intensif.

Sebagai bentuk kesiagaan menyebarnya virus corona yang dapat menyebar masif, sejumlah rumah sakit bersiaga. Termasuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan yang berlokasi di Baleendah Bandung juga membuka posko khusus mulai hari ini Senin 27 Januari 2020.

Baca Juga: Amankan Garis Pantai Indonesia, PUPR Kembangkan Teknologi Baru Blok Beton 3B

Seperti diberitakan Pikiran-Rakyat.com sebelumnya, virus corona merupakan jenis virus yang biasanya mempengaruhi saluran pernapasan mamalia, termasuk manusia. Mereka terkait dengan pilek, pneumonia, dan sindrom pernafasan akut yang parah (SARS) dan juga dapat mempengaruhi usus.

Ada beberapa cara virus corona menyebar, seperti melalui batuk atau bersin yang tanpa menutup mulut. Tetesan cairan dair mulut yang batuk atau bersin sampai ke udara sehingga menyebarkan virus.

Baca Juga: Kobe Bryant Meninggal dalam Kecelakaan, Erick Thohir: Saya Sempat Berniat Mengundangnya ke Indonesia

Kontak bagian tubuh hidung, mata, dan mulut dengan permukaan benda yang memiliki virus juga menjadi cara menyebarnya virus corona ini dengan cepat.

Yang membuat virus corona berbahaya adalah kemampuan bermutasi dari virus corona menjadi virus mematikan sehingga dapat merenggut nyawa.

Virus corona yang bermutasi, akan membawa penyakit Sindrom pernapasan akut berat (SARS), yang kemudian mengarah ke bentuk pneumonia yang mengancam jiwa.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X