Senin, 24 Februari 2020

MUI Bandung Keluarkan Fatwa Normalisasi Fungsi Masjid Pengungsi Penggusuran Proyek Rumah Deret Tamansari

- 21 Januari 2020, 06:10 WIB
MASJID Al-Islam di RW 11 Tamansari kembali menjadi sorotan setelah MUI Bandung keluarkan fatwa terbaru.* /MUHAMMAD BAYU PRATAMA/PR

PIKIRAN RAKYAT - Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Bandung Wetan Kota Bandung mengeluarkan surat edaran berupa pemungsian kembali masjid sebagai tempat ibadah.

Penjelasan MUI Kota Bandung atau disebut juga fatwa tentang normalisasi kembali fungsi masjid agar menjadi tempat ibadah didasari oleh penyalahgunaan yang dilakukan oleh warga penggusuran di RW 11 Tamansari.

Korban penggusuran yang tidak bersedia untuk pindah akhirnya menempati Masjid Al-Islam di RW 11 Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Baca Juga: Sidang Kasus Proyek Meikarta, Sekda Jabar Nonaktif Iwa Karniwa Pernah Tagih Uang Suap Rp 1 Miliar 

Mereka yang mendiami Masjid Al Islam merupakan korban penggusuran dari program pemerintah mengenai rumah deret Tamansari pasca pembongkaran yang dilakukan pada Kamis, 12 November 2019.

Pasca pembongkaran tersebut, tidak ada satu pun rumah warga yang tersisa di RW 11 Tamansari. Sebagian warga telah pindah namun tidak sedikit juga yang akhirnya mendiami satu-satunya bangunan yang tersisa di RW tersebut yaitu Masjid Al-Islam.

Kurang lebih, warga yang terdiri dari orang tua hingga anak kecil tersebut tinggal di lantai 2 Masjid Al-Islam selama dua bulan lebih dengan hanya beralaskan kasur dan karpet masjid yang masih dapat digunakan.

Baca Juga: Pilkada 2020, PDIP Bakal Usung Calon Petahana di 3 Daerah di Jawa Barat 

Warga memanfaatkan lantai 2 masjid sebagai tempat untuk istirahat dan menyimpan barang. Selain itu, terdapat juga tenda pengungsian di sekitar masjid dan dapur umum darurat.

Halaman:

Editor: M Bayu Pratama

Sumber: PR FM News

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X