KBB Bentuk Tim Ahli Cagar Budaya Sendiri, Sepuluh Situs dalam Pantauan

- 19 Januari 2020, 20:45 WIB
ILUSTRASI. Gedung perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.* /DOK. PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat kini memiliki Tim Ahli Cagar Budaya. Tim ahli ini nantinya bertugas untuk menijau, memverifikasi, hingga merekomendasikan situs-situs bersejarah di daerah ini untuk menjadi cagar budaya.

“Saat ini, penetapan TACG ini sedang menunggu rekomendasi dari Disparbud Jabar. Setelah itu, rekom tersebut akan disampaikan kepada bupati untuk di-SK-kan,” kata Kepala Bidang Budaya pada Disparbud KBB Usup Suherman melalui Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan, Asep Diki Hidayat, Minggu 19 Januari 2020.

Dia mengungkapkan, TACG beranggotakan 5 orang, 2 di antaranya berstatus ASN. Sementara itu, 3 orang lainnya merupakan pegawai honorer yang memiliki latar belakang arkeologi, hukum, dan arsitektur.

Baca Juga: Kecelakaan Angkutan Umum, Kemenhub: Banyak Sopir yang Tak Tahu Cara Mengerem

Tim tersebut akan bekerja di lapangan untuk menginventarisasi situs-situs bersejarah, menganalisisnya, hingga mendaftarkannya menjadi cagar budaya ke kementerian.

loading...

“Tim ahli ini memiliki tugas yang berat lantaran harus bisa menentukan layak atau tidaknya sebuah situs menjadi cagar budaya. Namun, pada praktiknya nanti, tim ini bisa bekerja sama dengan pihak profesional dari luar yang berkompeten di bidangnya,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang tim ahli cagar budaya Fazar Sidiq mengungkapkan, proses penetapan sebuah situs menjadi cagar budaya nasional membutuhkan proses panjang. Saat ini, baru situs Observatorium Bosscha di Lembang yang sudah ditetapkan menjadi cagar budaya nasional.

Baca Juga: Rencana Ekspor Beras Bisa Bikin Pengusaha Penggilingan Padi Bahagia Sekali

Sejauh ini, 10 situs bersejarah yang merupakan peninggalan Belanda sudah didaftarkan untuk menjadi cagar budaya nasional. Tim ahli cagar budaya ini bertugas untuk mengawal sejumlah situs tersebut hingga nanti ditetapkan menjadi cagar budaya nasional.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

Jurnal Gaya

Keutamaan Puasa Senin Kamis

21 September 2020, 02:10 WIB
X