Psikolog Unpad: Tokoh dalam Video Viral Sunda Empire Mengalami Delusi

- 18 Januari 2020, 11:42 WIB
PEMIMPIN Sunda Empire membuat pernyataan-pernyataan absurd dan sulit diterima oleh akal pikiran.* /youtube

PIKIRAN RAKYAT –  Komunitas Sunda Empire Earth Empire atau SE-EE, yang ramai diperbincangkan di media sosial belakangan ini ter­nyata sudah ada sejak 2018.

Kini, aktivitas komunitas itu sudah dihentikan, seperti dalam keterangan Badan Kesa­tu­an Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Bandung.

Psikolog sosial dari Universitas Padjadjaran, Noer Fauzi Rachman, menilai bahwa tokoh dalam video viral Sunda Empire, yang ingin membangun Kerajaan Sunda itu mengalami delusi, atau memiliki keyakinan yang tidak nyata.

Baca Juga: Pengamat: Persib Bandung Lebih Baik Tak Pertahankan Ezechiel N'Douassel

Tokoh tersebut meng­anggap dirinya besar.

Masalahnya, delusi tersebut tak disalurkan pada sarana yang tepat. Misalnya dengan membangun panggung pertunjukan, lengkap dengan naskah, kostum, dan skenario bertema Kerajaan Sunda.

loading...

Cara seperti itu malah akan menguntungkan tokoh Sunda Empire karena berpotensi mendapatkan uang.

Baca Juga: 4 Cara Menggunakan Ketumbar untuk Kulit Cantik

Sebaliknya, karena delusi to­koh itu disalurkan menjadi ke­giatan yang tidak tepat, malah timbul keresahan di tengah ma­syarakat. Tokoh tersebut pun bisa terancam pidana.

”Delusi tidak diletakkan pada alat-alat yang bisa diterima masyarakat. Dia kurang kecakapan skill pertunjukan,” katanya, Jumat, 17 Januari 2020.

Halaman:

Editor: Gita Pratiwi


Tags

Komentar

Artikel Rekomendasi

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X