Penuhi 15 Standar Akreditasi, RSUD Cicalengka Jadi Rumah Sakit Bintang Lima

- 17 Januari 2020, 17:07 WIB
DIREKTUR RSUD Cicalengka dr. Yani Sumpena (kiri) menerima sertifikat akreditasi rumah sakit sebagai rumah sakit terakreditasi paripurna bintang lima dari Wakil Ketua Tim Akreditasi drg. Hestining Rahayu di RSUD Cicalengka, Jumat 17 Januari 2020. Akreditasi paripurna ini diberikan kepada RSUD Cicalengka yang berhasil memenuhi 15 standar akreditasi rumah sakit.* /ECEP SUKIRMAN/PR

PIKIRAN RAKYAT - Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka berhasil menyandang rumah sakit dengan akreditasi paripurna. Dengan demikian, RSUD Cicalengka berhasil melengkapi pencapaian predikat akreditasi rumah sakit paripurna di Kabupaten Bandung.

Wakil Ketua Tim Akreditasi Rumah Sakit, drg. Hestining Rahayu mengatakan bahwa RSUD Cicalengka berhasil memenuhi 15 standar akreditasi rumah sakit yang keseluruhannya sudah terpenuhi standar penilaian.

Hasil penilaian akreditasi untuk RSUD Cicalengka, dijelaskan Hestining, dari 15 standar akreditasi rumah sakit, RSUD Cicalengka memperoleh nilai rata-rata 86. Artinya, lanjut dia, dengan hasil penilaian 86 itu, dianggap sudah sangat meyakinkan.

Baca Juga: Partai Gerindra Desak Pemerintah Kaji Ulang Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan, Masih Banyak Cara Lain

“Bahkan ada tiga indikator penilaian yang memperoleh nilai di atas 90. Dari 15 standar penilaian akreditasi ini, setiap standar akreditasi ada elemen penilaian. Misalnya mengenai SKP (standar keselamatan pasien). Setiap elemen penilaian akreditasi ini berhasil terpenuhi dengan baik oleh RSUD Cicalengka,” ungkap Hestining seusai menyerahkan piagam akreditasi paripurna rumah sakit di RSUD Cicalengka, Jumat 17 Januari 2020.

Jumlah elemen penilaian akreditasi rumah sakit paripurna untuk RSUD Cicalengka ini, dikatakan Hestining, mencapai 1.100 lebih variabel. Dengan penyerahan piagam akreditasi paripurna rumah sakit kepada RSUD Cicalengka ini, semua RSUD di Kabupaten Bandung sudah menyandang akreditasi paripurna.

Baca Juga: Bakal Punya Trem sebagai Moda Transportasi Anyar, Pemkot Bogor Pertimbangkan Beli Baru atau Terima Hibah

“RSUD Soreang, RSUD Majalaya sudah menyandang akreditasi paripurna ini. Akreditasi ini merupakan penilaian akreditasi tertinggi, yaitu bintang lima. Sebelumnya RSUD Cicalengka hanya menyandang bintang satu karena masuk program khusus yang penilaiannya hanya 4 standar penilaian akreditasi,” tutur Hestining.

Masih dikatakan dia, meski sudah menyandang akreditasi paripurna, predikat akreditasi ini bisa turun predikat jika rumah sakit tersebut di kemudian hari ada penurunan kualitas elemen penilaiannya. Dengan demikian, predikat akreditasi ini turut menjadi pemicu bagi rumah sakit untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat. Evaluasi elemen penilaian akreditasi, kata dia, akan dilakukan secara berkala dalam satu tahun satu kali.

Halaman:

Editor: Gugum Rachmat Gumilar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network

X